Tegas dan Rasional

Hari Pers Nasional 2022, Bupati Riza: Pers Harus Menyajikan Pemberitaan Sesuai Fakta Bukan Hoax

0 45

TerabasNews, Toboali – Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 yang jatuh pada Rabu (9/2/2022) besok, Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid berharap Pers dapat menjaga perannya sebagai pilar ke empat demokrasi Indonesia dengan menyajikan informasi pemberitaan secara faktual dan menginspirasi.

“Peran Pers dalam menyajikan dan menyebarkan informasi sangat dibutuhkan oleh masyarakat dan juga pemerintah. Pers merupakan wadah ekspresi rakyat, tempat komunikasi, dan pengawasan rakyat dalam kehidupan masyarakat, Bangsa, dan Negara,” kata Riza Herdavid, Selasa (8/2/2022).

Menurut Riza, fungsi pers di suatu negara menjadi hal penting untuk pembentukan masyarakat yang demokratis. Seperti yang tertera pada Pasal 28 UUD tahun 1945 misi Media massa atau Pers yakni untuk ikut mencerdaskan masyarakat, menegakkan keadilan, dan memberantas kebatilan.

“Setiap melaksanaan tugasnya, pers terikat dengan tata nilai sosial yang berlaku dalam masyarakat serta undang undang pers nomor 40 tahun 1999. Pers sebagai mata dan telinga kita yang membantu kita dalam memperoleh informasi, untuk itu Pers harus menyajikan pemberitaan sesuai dengan fakta dan bukan hoax,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, media saat ini telah menjadi mitra strategis bagi Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dalam menyerap aspirasi masyarakat. Semoga kerjasama yang telah terjalin selama ini dapat terus ditingkatkan demi kemajuan pembangunan daerah.

“Selamat Hari Pers Nasional tahun 2022, semoga membawa semangat membangun bagi negeri,” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.