Tegas dan Rasional

Pelajar SLTP dan SLTA di Kecamatan Pulau Besar Ikuti Pelatihan Jurnalistik

0 89

TerabasNews, Bangka Selatan – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bangka Selatan menggelar workshop Jurnalistik kepada pelajar tingkat SLTP dan SLTA di kecamatan Pulau Besar Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (9/2/2022).

Pelatihan Jurnalistik yang diikuti 40 siswa SLTP dan 20 siswa SLTA tersebut dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2022 yang berlangsung di SMP Negeri 1 Pulau Besar.

Ketua PWI Bangka Selatan Dedy Irawan mengatakan
Kegiatan workshop jurnalistik merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh PWI Bangka Selatan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan.

“Pelatihan jurnalistik ini bertujuan untuk mengenalkan dunia jurnalistik kepada para siswa/siswi tingkat SLTP dan SLTA yang ada di kecamatan Pulau Besar. Selain itu juga kegiatan ini untuk menggali potensi siswa-siswi yang memiliki hobi menulis,” kata Dedy Irawan dalam sambutannya, Rabu (9/2/2022).

Ia mengatakan, melalui kegiatan jurnalistik para siswa/siswi diharapkan dapat mengaplikasikannya dalam mengolah potensi sekolah melalui karya jurnalistik positif yang benar.

“Semoga melalui kegiatan ini nantinya muncul siswa siswi yang aktif menulis baik itu menulis berita tentang kegiatan sekolah maupun menulis cerpen, opini dan lainnya yang bisa dipublikasikan di media,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangsa Selatan Sumadi mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik sudah beberapa kali dilakukan bersama dengan PWI Bangka Selatan sebagai bentuk sinergitas pembelajaran literasi sekolah.

“Kegiatan pelatihan jurnalistik merupakan hal yang sangat baik di dunia pendidikan dalam meningkatkan literasi sekolah. Praktik pembelajaran baru kepada peserta didik ada tiga hal yakni literasi, numerasi dan karakter,” ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan pelatihan jurnalistik merupakan suatu hal yang sangat baik dalam meningkatkan literasi di sekolah. Untuk itu, diharapkan kepada siswa/siswi untuk mengikuti kegiatan ini dengan serius.

“Semoga melalui pelatihan ini para siswa bisa menambah pengetahuan tentang bagaimana cara mengolah informasi baik dari prestasi sekolah maupun kegiatan sekolah menjadi sebuah berita,” ujarnya. (rus)

Leave A Reply

Your email address will not be published.