Tegas dan Rasional

Dr.Pardede : Omicron Berpotensi Menyerang Semua Usia

0 69

TerabasNews, Belinyu – Kepala Balai Kesehatan Pangkalan TNI Angkatan Laut Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Lettu Laut Dr. HRP. Pardede menegaskan bahwa varian baru dari Covid-19 yaitu Omicron Berpotensi tertular dan menyerang semua usia. Tak perduli orang dewasa, lansia, anak, bahkan pada hewan sekalipun.

” Omicron sangat berpotensi tertular dan menyerang semua usia. Tak perduli apakah dia orang dewasa, lansia, anak usia dini, bahkan hewanpun dapat terserang Omicron. ” tegas Dr.Pardede kepada media ini, Rabu 09/02/22, usai pelaksanaan vaksinasi dosis 2 di SDN No.4 jalan Air Cempedak kelurahan Kuto Panji Belinyu.

Dikatakannya sebagai langkah preventif dan antisipasi segala kemungkinan yang bakal terjadi. Pangkalan TNI Angkatan Laut Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Balai Kesehatannya terus berupaya dalam melaksanakan percepatan Vaksinasi disemua sektor, terutama pada anak usia sekolah dasar 6 -12 tahun.

” Seperti kita ketahui pandemi Covid-19 sampai saat ini masih belum berakhir, bahkan muncul lagi varian baru, yaitu Omicron. Dalam hal ini kami dari Balai Kesehatan Lanal Babel terus berupaya dan bersinergi dengan pihak terkait seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Dinas Pendidikan dalam melaksanakan percepatan vaksinasi kepada anak Sekolah Dasar. ” ungkap.Pardede.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa dalam pelaksanaannya, Balai Kesehatan Lanal Babel mendapat perintah langsung dari Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Bangka Belitung (Danlanal Babel) Kolonel Laut Fajar Hermawan, untuk melakukan percepatan proses vaksinasi kepada anak usia 6 -12 tahun dalam meningkatkan herd immunity.

” Semakin cepat kita memberikan vaksinasi, maka herd immunity akan cepat diperoleh. Dalam hal ini Danlanal menindak lanjuti perintah Kasal TNI Laksamana Yudo Margono untuk mempercepat vaksinasi kepada masyarakat, jangan menunggu bila perlu jemput bola agar ekonomi cepat bangkit dan Indonesia kembali sehat. ” ujarnya.

Sementara itu menurut keterangan Kepala Urusan Kesehatan Lapangan (Kaur Kesla) Lanal Babel Lettu Laut Muta’addi menjelaskan, sebagaimana program pemerintah Vaksinasi kepada anak usia 6 -12 tahun wajib diberikan.

” Vaksinasi kepada anak SD usia 6 -12 tahun ini merupakan program pemerintah dalam upaya percepatan memutuskan mata rantai pandemi Covid 19 ditiap daerah. Dan kami sebagai vaksinator dari Balai Kesehatan Lanal Babel turut melaksanakan apa yang telah diintruksikan Komandan dalam mendukung program pemerintah ini agar mencapai target yang maksimal. ” kata Muta’addi.

Sebagai tim kesehatan diapun mengajak dan minta tolong kepada para guru juga orang tua agar membimbing serta membiasakan anak didiknya untuk hidup bersih dan sehat.

” Biasakanlah untuk hidup bersih dan sehat, ini tanggung jawab orang tua dan juga guru bagaimana mereka membimbing anak didiknya untuk melakukan hal itu. Selain itu tetap patuhi protokol kesehatan sebagaimana telah dianjurkan pemerintah. ” tukasnya.

Terpisah, Kepala Sekolah SDN 4 Belinyu, Sri Winarsih, Sp.SD mengapresiasi dan berterima kasih kepada tenaga kesehatan dari Lanal Babel dan Puskesmas Belinyu dengan adanya program vaksin di sekolah itu. Dan hari ini tercatat 168 siswa/i tervaksin asi dosis 2 Sinovac.

” Kami dari pihak sekolah sangat berterima kasih dengan adanya program vaksin disekolah ini. Seperti program pemerintah memang tiap sekolah harus di adakan vaksin. Dan kedepannya kamipun berharap, semoga kegiatan belajar mengajar dengan tatap muka dapat berjalan normal seperti belum adanya pandemi. ” tutup Winarsih (HERMAN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.