Tegas dan Rasional

Dukung Seniman Kendal Lebih Berprestasi, Bupati Dico Rencanakan Bangun Kreatif Hart

0 3

TerabasNews, Kendal – Bupati Kendal Dico M Ganinduto menghadiri acara peringatan Hari Jadi Pelantaran Sastra Kaliwungu yang ke-10, Sabtu (29/1/2022) di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal.

Dalam sambutannya Presiden Pelantaran Sastra Kaliwungu, Bahrul Ulum mengatakan, peringatan Hari Lahir (Harlah) Pelantaran Sastra Kaliwungu yang ke-10, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kendal menggelar tiga kegiatan.

“Pada peringatan hari jadi ke-10 ini kita menggelar lomba baca cerpen karya dari Bapak Syawali Setya tingkat SMP dan SMA sederajat se-Kabupaten Kendal. Selain itu, kita juga menggelar seminar sastra, dan pagelaran seni tari topeng yang dikolaborasikan dengan tari sufi,” katanya.

Dengan diadakannya lomba baca cerpen, Ia berharap para siswa siswi di Kabupaten Kendal nantinya akan menjadi cerpenis handal yang dapat mengharumkan nama Kabupaten Kendal di bidang kesenian.

Sementar itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto, memberikan apresiasi kepada kelompok Sastra Kaliwungu yang telah menggelar lomba baca cerpen tingkat SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Kendal.

“Pemerintah Kabupaten Kendala akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang berdampak positif dalam pengembangan Sumber Daya Manusia terutama kepada siswa siswi yang ada di Kabupaten kendal yang akan menjadi generasi penerus bangsa,” kata Dico M Ganinduto.

Ia mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan tempat sebagai ajang kreatifitas bagi para pemuda dan para seniman di Kabupaten Kendal untuk mengekspresikan diri yang selama ini masih kurang luasnya tempat bagi para seniman.

“Mohon doanya karena kami akan mempersiapkan untuk membangun kreatif hart diperubahan tahun 2022 dan 2023, sehingga para pemuda pemudi terutama bagi para seniman bisa memanfaatkan gedung tersebut dengan baik, tentunya dengan fasilitas yang baik, agar tetap bisa meraih banyak prestasi,” ujarnya.

Dico mengungkapkan, fasilitas tersebut bisa digunakan oleh pemuda dan seniman secara gratis, dengan harapan nantinya para seniman bisa lebih meningkatkan potensi dan kreativitasnya, agar dapat mengangkat nama baik Kendal, Provinsi Jawa Tengah maupun Indonesia pada umumnya dibidang seni.

Dalam kesempatan itu, orang nomor satu di kabupaten Kendal ini mengucapkan selamat kepada para pelajar yang meraih juara dalam lomba baca cerpen.

“Apa yang sudah diraih hari ini terus ditingkatkan, jangan cepat berpuas diri, terus belajar terhadap karya sastra dalam diri masing-masing, sehingga prestasi tersebut dapat lebih ditingkatkan kesenjangan yang lebih tinggi lagi,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Ahmadi, Penasehat Pelantaran Sastra Kaliwungu, Muhajirin Thohir, dan diikuti oleh para siswa siswi SMP dan SMA serta para seniman dan masyarakat di Kabupaten Kendal. (Nyaman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.