Tegas dan Rasional

Sekda Pangkalpinang Ikuti Zoom Meeting Peringati Hari Lahir Pancasila

0 8

TerabasNews, Pangkalpinang – Sekda Kota Pangkalpinang, Ratmida Dawam mewakili Wali Kota Pangkalpinang bersama Forkominda Kota Pangkalpinang mengikuti Zoom Meeting dari Gedung Pancasila Jakarta Pusat Dalam Acara Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 yang dipimpin langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo, di ruang Rapat Kantor Walikota Pangkalpinang. Selasa (1/6/21).

Sekda Kota Pangkalpinang, Ratmida Dawam menyampaikan upacara hari lahir pancasila ini dilaksanakan dengan bertujuan untuk meneguhkan komitmen seluruh masyarakat agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Harus diingat bahwa kodrat bangsa lndonesia adalah keberagaman. Takdir tuhan untuk kita adalah keberagaman, dari Sabang sampai Merauke adalah keberagaman. Berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk lndonesia. ltulah kebhinneka tunggal ika,” kata Ratmida Dawam.

Namun lanjutnya, kehidupan berbangsa dan bernegara sedang mengalami tantangan, kebinekaan juga sedang diuji, karena adanya pandangan dan tindakan yang tidak toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila, tetapi semua itu bisa dilawan dengan adanya pancasila sebagai dasar persatuan dan kesatuan masyarakat untuk membangun bangsa yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan.


“Oleh karena itu, saya mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila,” pungkasnya. (adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.