Tegas dan Rasional

Covid – 19 Meroket, TNI – Polri Bersama Tim Satgas Melaksanakan Patroli Razia Prokes Di Seputaran Kota Aceh Barat

0 10

TerabasNews, Aceh Barat – Komandan Kodim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., dan Kapolres AKBP Andrianto Argamuda, S.I.K., memimpin langsung patroli gabungan dalam rangka razia protokol kesehatan di tempat – tempat publik seputaran Kota Meulaboh guna mencegah penyebaran virus Corona ( Covid – 19 ) di Kabupaten Aceh Barat, Rabu (29/4/2021)

Selain Dandim dan Kapolres, patroli razia protokol kesehatan ini melibatkan setidaknya 100 orang yang tergabung dalam Satgas Covid – 19. Diantaranya adalah Sekdakab Marhaban, S.E., Kasatpol PP/WH, Mirsal, S.Sos., Kabag Ops Kompol lkmal, S.H., M.H., Pasi Ops Letda lnf Desman, Kasi Kamtib Satpol PP Sayuti, S.E., yang diperkuat dengan 1 SST Personil Kodim 0105/Abar, 1 SST Personil Polres Aceh Barat dan 1 SST Personil Satpol PP/WH.

Sebelum memulai razia, sekitar pukul 21.30 WIB para Personil melaksanakan apel gabungan atau gelar pasukan yang dipimpin langsung oleh Dandim 0105/Abar yakni Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P.

Dalam arahannya, Dandim mengatakan bahwa razia kali ini adalah upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Covid – 19 sesuai dengan Perbup No. 32 Tahun 2020 dengan menyasar pada tempat publik yang dijadikan tongkrongan seperti Cafe, Warung Kopi, Pasar dan lokasi dimana masyarakat melakukan aktifitas dengan berkumpul.

“Operasi atau razia pendisiplinan ini dilakukan untuk menurunkan angka penyebaran Covid – 19, selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang protokol kesehatan ditempat umum. Apalagi saat ini Pemerintah Pusat telah melakukan upaya nyata melalui program vaksinasi, guna mendukung upaya tersebut, kita bersinergi menyamakan persepsi dalam mendisiplinkan masyarakat terkait mentaati aturan protokol kesehatan. Apabila di Cafe atau Warkop, maka kapasitasnya minimal 50 % disesuaikan dengan kondisi tempatnya. Jika tidak diindahkan, tahap awal kita akan memberikan teguran kepada pemilik Cafe. Dengan catatan, apabila melakukan pelanggaran lagi dengan terpaksa izin usahanya kita cabut”, tegas Dandim

Namun dalam pelaksanaan dilapangan, Dandim tetap menekankan kepada Tim Satgas untuk senantiasa mengedepankan langkah – langkah persuasif dengan memberikan sosialisasi, edukasi dan menggugah kesadaran masyarakat betapa pentingnya protokol kesehatan dan betapa bahayanya varian virus Covid – 19 yang sangat mematikan.

Usai apel gelar Pasukan, Tim Satgas menyusuri Kota Meulaboh dengan rute utama dari Jalan Gajah Mada, Jalan Manekroo dan Jalan lskandar Muda.

Tentunya razia semacam ini tidak hanya malam ini saja, namun akan terus dilakukan oleh Tim Satgas lagi kedepannya. Yang tentunya harapan besar Dandim adalah, kedepan tidak ada lagi pelanggar protokol kesehatan terutama dalam menggunakan masker. (Pendim 0105/Abar)

Leave A Reply

Your email address will not be published.