Tegas dan Rasional

Tinjau Kegiatan TMMD ke-110, Brigjen TNI Sulistiyono Puas Atas Capaian Kodim 0431/Babar

0 26

TerabasNews, Bangka Barat – Setelah peninjauan kegiatan TMMD ke 110, Ketua Tim Pengawas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD), Brigjen TNI Sulistiyono merasa puas atas capaian kegiatan TMMD Kodim 0431 Bangka Barat saat meninjau langsung lokasi kegiatan TMMD di Kabupaten Bangka Barat, Kamis (25/3).

Dalam peninjauan tersebut, Brigjen TNI Sulistiyo atas nama Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa didampinggi Kasdam II Sriwijaya, Brigjen TNI M Zamroni, Kasrem 045/Gaya Kol Inf Joko Suyanto, Waaster Raden Novi Setiana, Komandan Kodim 0431 Bangka Barat, Letkol Inf Agung Wahyu Perkasa, Plh Bupati Bangka Barat, Muhammad Soleh dan Kapolres AKBP Fedriansyah.

Brigjen TNI Sulistiyono mengatakan, pengawasan dan evaluasi TMMD ke 110 Tahun 2021 yang saat ini sedang berjalan bertujuan untuk mengukur kinerja organisasi satuan tugas (Satgas) TMMD, mulai dari tahap perencanaan, persiapan pelaksanaan sampai dengan selesai dengan harapan kegiatan TMMD dapat berjalan secara optimal, efektif dan efisien meskipun dalam pandemi Covid -19.

“Tujuan kegiatan TMMD ini, selain untuk membantu percepatan pembangunan di daerah juga untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat serta sebagai sarana untuk mempercepat dan mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat,” katanya.

Ia mengatakan, program TMMD melalui proses perencanaan yang mengutamakan aspirasi dan kepentingan masyarakat, mulai  dengan mekanisme planing yang direncanakan secara koferensif dengan melibatkan unsur – unsur terkait mulai dari tingkat desa, kelurahan dan sampai tingkat kabupaten/kota.

“Sasaran – sasaran yang telah dipilih berdasarkan skala prioritas dan stategis, diteliti dan dipadukan dengan program pemerintah daerah. Kemudian dibahas dalam forum DPRD untuk disahkan menjadi program TMMD. Kemudian program TMMD diserahkan oleh Bupati atau Walikota kepada Dandim selaku Dan Satgas TMMD untuk dikerjakan selama 30 hari,” ujarnya.

Setelah selesai kegiatan TMMD kemudian diserahkan oleh Dandim kepada pemerintah daerah dalam hal ini Bupati atau walikota untuk di manfaatkan seluruhnya oleh masyarakat.

“Atas nama Bapak Kasat Andika Perkasa selaku penangungjawab operasional TMMD mengucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada pemerintah daerah dan komponen masyarakat yang telah mendukung terlaksananya TMMD di wilayahnya,” ujar Sulistiyono.

Dia juga berpesan kepada seluruh anggota TNI dan Polri, aparat pemerintah dan masyarakat untuk senantiasa  mengembangkan dan memelihara terus kemanunggalan TNI dan rakyat agar kegiatan TMMD dapat berjalan dengan lancar.

“Tingkatkan kepedulian memelihara dan merawat dengan sebaik – baiknya hasil TMMD ke-110 tahun 2021 agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang panjang,” ujarnya. 
Dikatakannya, sasaran fisik yang telah ditetapkan yang telah dibangun agar dapat mendorong tumbuh kembangnya usaha – usaha masyarakat di bidang perekonomian guna meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat dan mendukung pemerintah dalam hal pemerataan pembangunan dan pementasan kemiskinan. 

“Sasaran non fisik yang dilaksanakan diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kreatifitas masyarakat dalam mengangkat kualitas kehidupan kearah yang lebih baik, maju sejahtera dan mandiri. Selain itu harapan yang diinginkan adalah dapat meningkatkan wawasan kebangsaan, cintaan tanah air, patriotisme dan bela negara,” ujarnya. 

Ia juga berpesan agar memelihara hubungan yang sudah berjalan baik selama ini antara TNI beserta jajarannya dengan Polri, Pemda maupun dinas instansi terkait,  aparat desa, tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat.

Brigjen TNI Sulistiyono mengatakan dia selaku pengawas dan evaluasi TMMD ke -110 mewakili  Kepala Staf Angkatan Darat telah melihat langsung TMMD di Bangka Barat  dengan sasarannya cukup banyak dan secara progres sudah tercapai dengan sisa waktu yang ada.

Adapun sejumlah pembangunan yang telah dilaksanakan dalam kegiatan TMMD diantaranya membuka jalan penghubung sepanjang 13,3 KM dari Tanjung Ular sampai Desa Air Limau, membangun jembatan, bedah rumah, membangun lapangan Volly dan Gorong – gorong.

“Kalau dilihat kualitas sudah cukup bagus, oleh karena itu saya harapkan kegiatan – kegiatan seperti ini kedepan bisa dikembangkan dan dilanjutkan karena sangat bermanfaat kepada masyarakat Bangka Barat ini,” jelasnya. (hend)

Leave A Reply

Your email address will not be published.