Tegas dan Rasional

Simulasi KBM Tatap Muka Berjalan Kondusif

0 12

TerabasNews, Pangkalpinang – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eddy Supriadi menuturkan, selama diadakannya simulasi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka di beberapa sekolah sekitar satu bulan terakhir, situasi di sekolah berjalan kondusif.

“Sekolah bisa mengadakan simulasi tatap muka mengacu dengan protokol kesehatan, persetujuan orang tua, dan siswa juga terbatas,” urai Eddy saat ditemui di ruang kerjanya Selasa (16/03/2021).

Dia mengatakan, sekolah mengajukan proposal kemudian diverifikasi oleh Dindikbud untuk diizinkan melakukan simulasi KBM tatap muka. Eddy menyebut, jumlah sekolah yang diizinkan melaksanakan KBM tingkat TK/PAUD sebanyak 50 sekolah, sekolah dasar (SD) 36 sekolah dan sekolah menengah pertama (SMP) 21 sekolah.

“TK/PAUD 50, SD 36 yang diizinkan tapi yang sudah melakukan mungkin 10 atau 20. SMP yang diizinkan 21,” jelasnya.

Sedangkan untuk jumlah siswa tiap sekolah disesuaikan secara proporsional tergantung situasi dan kondisi.

“Maksimal kalau jumlah siswa sedikit 50 persen, kalau banyak disesuaikan proporsional 10 sampai 50 persen lihat kondisi dan situasi sekolah. Misalnya diutamakan anak-anak yang kelas akhir,” lanjut Eddy.

Keputusan untuk simulasi KBM di sekolah menurut Eddy merupakan upaya menghindari dampak psikososial bagi siswa terlalu lama menjalankan pembelajaran secara daring. (seftia)

Caption.
Kepala Dindikbud Pangkalpinang, Eddy Supriadi

Leave A Reply

Your email address will not be published.