Tegas dan Rasional

Dusun Rejosari Terima Bantuan Peternakan dan Pertanian Pemprov Babel

0 11

TerabasNews – MEMBALONG – Dusun Rejosari, Kecamatan Membalong Kabupaten Belitung, Rabu (02/09/20) menerima bantuan dari Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman di Lapangan Bola Dusun Rejosari kepada kelompok petani dan kelompok peternak.

Bantuan yang disampaikan berupa 30 ekor sapi, tiga hektar hijauan pakan ternak, dan satu unit shredder untuk bidang peternakan. Untuk bidang pertanian, disampaikan bantuan berupa perluasan tanaman lada, rehabilitasi, dan intensifikasi tanaman lada berbentuk bibit lada dan pupuk.

Saat pandemi Covid-19, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung tidak tinggal diam untuk terus menstabilkan roda ekonomi di Babel. “Saya berharap, akan muncul menjadi pahlawan untuk menahan krisis ekonomi kita di Babel adalah para petani dan peternak,” ungkap Gubernur Erzaldi.

Dalam penjelasannya, program ini sudah disusun untuk dilaksanakan pada awal tahun 2020, hanya saja terhenti beberapa waktu karena prioritas penanggulangan Covid-19.

Gubernur Erzaldi mengaku, refocusing anggaran mendukung program bantuan ini karena belakangan sektor-sektor lain di Babel mengalami penurunan yang cukup drastis, kecuali sektor pertanian, peternakan, dan perikanan yang masih berpeluang untuk mendongkrak perekonomian Babel.

“Hari ini kami berharap bantuan dapat menambah semangat kelompok petani dan peternak dapat mengembangkan bantuan yang disampaikan,” ungkapnya.

Gubernur Erzaldi berharap bantuan-bantuan ini dikembangkan dengan inovasi-inovasi agar tidak ada yang terbuang dan dapat memberi manfaat dengan maksimal.

“Saya yakin dengan semangat warga Dusun Rejosari, bantuan kali ini membuat warga lebih mandiri dan kuat di tahun-tahun berikutnya. Bahkan tidak hanya menjadi penerima bantuan tetapi berubah menjadi pemberi bantuan warga sekitar,” ujarnya.

Tahun ini program bantuan luar biasa dari pemerintah berbentuk bantuan modal KUR berbunga hingga yang tidak berbunga disiapkan dengan kerja sama dengan bank BRI dan BNI.

“Kami mendorong untuk diikuti, jangan sampai dibuang peluangnya. Selain bantuan KUR, juga akan disiapkan pihak pembeli baik sektor pertanian maupun peternakan,” ungkapnya.

“Dalam menjalankan usahanya, pemprov juga menyiapkan PPL untuk mengiringi pengolahan ternak dan tanamannya agar lebih terarah,” pungkasnya. (Nd)

Leave A Reply

Your email address will not be published.