Tegas dan Rasional

Pemprov Bangka Belitung Terima Penghargaan Dari Badan Pusat Statistik

0 127

TerabasNews – PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menerima piagam penghargaan untuk Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dwi Retno Wilujeng Wahyu Utami menyerahkan penghargaan itu langsung di Ruang Kerja Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (27/8/20).

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan penghargaan ini karena menjadi salah satu daerah yang berhasil melaksanakan Sensus Penduduk Online (SP Online) tahun 2020 dengan keberhasilan mengumpulkan informasi sebanyak 461.324 penduduk atau 31,39 persen. Capaian ini melebihi target yang ditetapkan sebesar 25,49 persen.

Atas capaian ini, Badan Pusat Statistik RI memberikan piagam penghargaan kepada Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang ditandatangani oleh Kepala BPS RI, Suhariyanto.

Kepala BPS Dwi Retno menyampaikan terima kasih atas dukungan Gubernur Erzaldi berserta jajaran dalam menyukseskan SP online yang sudah dilaksanakan pada tanggal 15 Februari – 29 Mei 2020.

“Partisipasi masyarakat Kabupaten Bangka adalah yang terbanyak melakukan SP online sebanyak 137.638 orang dan terendah di Kabupaten Belitung Timur sebesar 36.701 orang,” ungkapnya.

Dengan berakhirnya kegiatan sensus penduduk online 2020, selanjutnya BPS akan melaksanakan sensus penduduk 2020 lanjutan yang dilaksanakan secara “door to door” di bulan September 2020.

Usai menerima penghargaan, Gubernur Erzaldi menyampaikan ajakannya kepada masyarakat agar membantu petugas sensus, sehingga tidak ada satu pun penduduk yang tidak tercatat, termasuk penduduk yang baru pindah dan penduduk yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Semoga sensus penduduk 2020 ini menghasilkan data kependudukan yang valid menuju satu data kependudukan Indonesia,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Gubernur Erzaldi juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, yang telah berupaya dalam penguatan sistem statistik nasional di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta mendukung BPS Provinsi Kep. Bangka Belitung sebagai satker Wilayah Bebas Korupsi (WBK) tahun 2020. (Ns)

Penulis : Nimrot Sitorus/Nona
Editor : Listya

Leave A Reply

Your email address will not be published.