Tegas dan Rasional

Ketua Dekranasda Melati Erzaldi Ngobrol Serius Santai Bareng UMKM Pulau Belitung

0 103
Melati Erzaldi

TerabasNews – TANJUNG PANDAN – Setelah beberapa waktu lalu Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sekaligus Koordinator Wilayah Keberadaan Internasional Council For Small Business (Korwil ICSB) Wilayah Babel, Melati Erzaldi mengadakan pertemuan rutin dengan para pelaku usaha UMKM di Pulau Bangka.

Saat melakukan kunjungan kerjanya di Pulau Belitung, Ketua Dekranasda Babel Melati Erzaldi menyempatkan diri untuk bertemu dan bersilaturahmi dengan para pelaku usaha UMKM yang ada di Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, di Wisma Bougenville, Jalan Gegesek, Tanjung Pendam, Tanjung Pandan, Belitung, Rabu (26/8/20).

Dengan pembahasan yang serius namun santai, Ketua Dekranasda Melati Erzaldi mendengarkan curahan hati dan keluh kesah terkait kendala yang dihadapi selama menjalankan usaha para pelaku UMKM guna mendorong peningkatan hasil produksinya.

Pada kesempatan itu, Ketua Dekranasda Melati Erzaldi ditemani Sekretaris Dekranasda Riza Aryani, Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel, dan PLUT Kabupaten Belitung, siap melayani sekaligus menjawab solusi pertanyaan yang muncul dari para pelaku UMKM.

Dalam usahanya untuk mendorong para pelaku UMKM, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung memiliki beberapa program di antaranya program bantuan permodalan, pengemasan, pemasaran, hingga pembinaan terkait pengelolaan manajemen serta kemudahan perizinan, yang ada di dinas koperasi UMKM melalui Pusat Layanan Umum Terpadu (PLUT) nya, dan Dinas Perindag Babel dengan rumah promosi dan kemasan.

Terkait pemasaran, saat ini juga sedang dikembangkan pemasaran secara digital melalui market place. Namun demikian Ketua Dekranasda Melati Erzaldi menjelaskan untuk masuk ke arah itu, para pelaku UMKM diharapkan untuk meningkatkan hasil produksinya baik secara kualitas maupun kuantitas. Karena setiap produk yang masuk ke dalam market place itu harus melalui proses kurasi dengan beberapa ketentuan.

Apalagi untuk Pulau Belitung yang terkenal dengan keindahan alam sebagai salah satu tujuan wisata, saat wisata era new normal akan menjadi peluang bagi para pelaku UMKM. Sehingga dibutuhkan usaha untuk meningkatkan kualitas dan terus bernovasi.

“Ini adalah kekuatan silaturahmi. Kita akan terus mendapat informasi dan tukar pikiran untuk kebaikan bersama. Mari kita perkuat UMKM dan kita akan terus kawal, hingga UMKM Bangka Belitung selalu naik kelas,” ungkap Ibu Melati Erzaldi.

Ketua Dekranasda Melati Erzaldi berpesan agar jangan cepat menyerah terhadap tantangan yang ada. Tanamkan jiwa pemenang dalam para pelaku UMKM.

“Saya berharap, teman-teman UMKM meyakinkan dalam hatinya untuk terus menjadi pemenang,” ungkapnya.

Selain itu, Ketua Dekranasda Melati Erzaldi siap menampung dan menjawab pertanyaan para pelaku UMKM melalui pesan singkat ataupun media sosial.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie. (Ll)

Leave A Reply

Your email address will not be published.