Tegas dan Rasional

Kadivpas Tegaskan Zero Narkoba di Lapas Tanjungpandan, Terlibat Akan Ditindak Tegas Tanpa Toleransi

0 806

TerabasNews, Belitung – Guna meminimalisir tindak penyalahgunaan narkoba, sejumlah blok hunian di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan bersama, Selasa malam 24 September 2024, disambangi dan diperiksa secara mendadak oleh petugas Divisi Pemasyarakatan.

Dilansir dari aksarapradiva.com, Inspeksi mendadak (sidak) tersebut dipimpin oleh Kunrat Kasmiri selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Babel (Kanwil Kemenkumham Babel), didampingi Kepala Lapas Kelas IIB Tanjungpandan Gowim Mahali.

Sidak dilakukan dengan penggeledahan kamar warga binaan secara acak, untuk memastikan atau menemukan barang-barang terlarang dan berbahaya, yang berpotensi menjadi sumber gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib) di lingkungan Lapas.

Dalam apel kegiatan yang digelar sebelum penggeledahan dilaksanakan, Kunrat Kasmiri memberikan penegasan kepada seluruh petugas untuk melakukan penggeledahan secara teliti, cermat, sesuai SOP, namun harus tetap humanis.

“Periksa seluruh sudut kamar, mulai dari kamar mandi, loker, ventilasi dan kolong tempat tidur. Jangan sampai ada bagian yang terlewatkan. Namun tetap laksanakan penggeledahan secara humanis, libatkan peran kepala kamar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan”, tegas Kunrat dalam arahannya.

Dalam apel kegiatan tersebut, Kunrat mengingatkan seluruh jajaran Lapas Kelas IIB Tanjungpandan agar selalu berpedoman pada 3 Kunci Pemasyarakatan Maju yaitu Berantas Narkoba, Deteksi Dini, dan Sinergi bersama aparat penegak hukum (APH).

Leave A Reply

Your email address will not be published.