Tegas dan Rasional

Tangani Genangan Air Beberapa Titik di Toboali, Tim Pemkab Turun Bantu Warga yang Terdampak

0 770

TerabasNews, Bangka Selatan – Pemerintah kabupaten Bangka Selatan turunkan tim Tangani Genangan Air di Beberapa titik di Toboali guna membantu evakuasi barang dan peralatan warga yang terdampak.

Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid mengatakan, Pemkab Bangka Selatan melalui Dinas PU, Dinas sosial, Satpolpp, Kecamatan Toboali bersama pihak terkait lainnya sudah melakukan penanganan di kawasan kolong bakung dan rawa bangun.

“Alhamdulillah teman-teman tim cukup sigap untuk hadir dan membantu di lokasi, SatpolPP dan Dinsos saat ini, selalu dalam kondisi kita siagakan untuk membantu penanganan awal.” Kata Riza Selasa (23/04/2024).

Ia mengatakan, Satpol PP telah membantu melakukan penyedotan genangan dan Dinsos melalui Tagana melakukan evakuasi barang dan peralatan yang terdampak.

“Dinas PUPR sendiri tahun ini akan melakukan pemasangan box saluran drainase di kawasan Kolong Bakung sehingga aliran air pada drainase di kawasan Kolong Bakung lebih lancar,” ujarnya.

Menurut Riza, kelancaran drainase juga sangat dipengaruhi ada tidaknya sumbatan pada saluran, khususnya sampah. Dinas LH bersama masyarakat setempat beberapa waktu yang lalu sudah turun membersihkan sampah dibeberapa titik seperti Kulong Bakung dan sekitar Pelabuhan Toboali.

“Untuk itu, dihimbau kepada kita semua agar bersama menjaga kebersihan lingkungan, khususnya pada saluran-saluran drainase,” ujar Riza.

Sementara itu, Kadis PUPR Bangka Selatan Elfan Rulyadi, mengatakan, Dinas PUPR sendiri tahun ini mengalokasikan kegiatan untuk meminimalisir potensi banjir, utamanya dikawasan yang rentan.

“Untuk kawasan Kolong Bakung, akan dilakukan pemasangan box saluran drainase. Sementara dibeberapa titik lainnya dilakukan pemeliharaan. Mudah mudahan dengan penanganan ini kejadian banjir dapat berkurang,” pungkasnya. (Andi/Hend)

Leave A Reply

Your email address will not be published.