Tegas dan Rasional

Pemkab Bangka Berikan Penghargaan Bagi KSM Pengelolah Sampah Pada Hari Peduli Sampah Nasional

0 29

TerabasNews, Sungailiat – Pemerintah Kabupaten Bangka memberikan penghargaan kepada Pegiat atau Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) pengelola sampah se Kabupaten dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Bupati Bangka Mulkan, SH, MH didampingi Wakil Bupati, Syahbudin S.IP serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir Meina Lina secara langsung menyerahkan penghargaan kepada KSM Pengelola Sampah usai upacara peringatan HPSN di halaman Kantor Bupati, Senin 21/02.

Bupati Bangka, Mulkan mengajak masyarakat untuk terus menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Melalui HPSN ini kita tentunya harus mempunyai kesadaran dan kepedulian akan kebersihan lingkungan, terutama di tempat tinggal kita masing-masing.

“Pemberian penghargaan ini tentunya bagi mereka yang telah berperan serta dan kepedulian masyarakat dalam penanganan dan penggelolaan sampah dilingkungannya. Terutama memotivasi masyarakat lainnya untuk turut peduli dalam menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” katanya. 

Ia mengatakan, sampah yang berserakan itu tentunya akan membuat lingkungan menjadi kotor, dan sangatlah tidak sehat, karena akan menjadi sumber berbagai penyakit nantinya, apalagi di musim penghujan tiba akan menyebabkan banjir. 

“Untuk itu, mari kita bersama-sama ikut berperan aktif dan ambil bagian dalam menjaga kebersihan dilingkungan kita masing-masing. Karena menjaga kebersihan itu, bukan tanggung jawab dari pemerintah saja, melainkan menjadi tanggung jawab kita bersama,” ujar Bupati Bangka, Mulkan. 

KSM di Kabupaten Bangka yang memperoleh penghargaan yakni, KSM Pugul Ampuh Kecamatan Riau Silip, KSM Jurung Kecamatan Bakam, KSM Sri Menanti Kecamatan Sungailiat, KSM Sinar Alami Sempan, KSM KUBE Radar Sejahtera, KSM Serumpun Sejahtera Kecamatan Pemali.

Kemudian, penghargaan juga diberikan kepada Bank Sampah Karya Mandiri Kecamatan Pemali, Bank Sampah Armi Lingkungan Air Merapin Kelurahan Parit Padang Sungailiat, PT. Mitra Stania Prima (MSP) dan PT. Refined Bangka Tin (RBT) Kawasan Industri Jelitik Sungailiat.

Tak hanya itu, Bupati Bangka Mulkan juga menyerahkan bantuan sosial yakni beras kepada para petugas kebersihan di Kabupaten Bangka.(Hendra/adv) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.