Tegas dan Rasional

Gubernur Erzaldi: Jadilah PNS yang Memiliki Great Minds

0 14

TerabasNews, PANGKALPINANG – Mengutip kata-kata bijak dari Eleanor Roosevelt yang merupakan Ibu Negara Amerika Serikat pada tahun 1933-1945, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman berharap agar Aparatur Sipil Negara (ASN) Babel bisa memiliki great minds (pemikiran yang besar) dalam mendiskusikan tentang ide-ide (discuss ideas).

Harapan ini dikatakan Gubernur Erzaldi saat mengambil sumpah dan melantik Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) formasi Politeknik Keuangan Negara (PKN)-Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) dan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) serta jabatan fungsional di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel), bertempat di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Jumat (4/2/2022).

“Saya yakin saudara akan memahami tugas dan tanggung jawab sebagai PNS, tapi yang utama junjung tinggi kehormatan pribadi kalian. Jangan biasakan melakukan hal sederhana tapi menyakitkan orang lain. Banyak ASN yang berpikir biasa saja. Seperti yang dikatakan Eleanor Roosevelt small minds discuss people, average minds discuss events, dan great minds discuss ideas,” ujarnya.

Dirinya mencontohkan, jangan mengomentari hal-hal yang tidak perlu, apalagi di zaman media sosial, “jangan kepo, jangan cerudik”, hal ini ditegaskannya, karena meskipun merupakan sesuatu yang sederhana, namun bisa menjadi kebiasaan sehingga menjadi karakter yang buruk.

“Setelah dilantik, saya harap kalian juga bisa bekerja sama dalam tim, hormat kepada atasan dan ikuti apa yang disampaikan atasan selama perintahnya sesuai dengan aturan. Saya ingin kalian menunjukkan tugas dan tanggung jawab kalian di manapun kalian bertugas, niatkan dengan baik menjadi orang yang jujur, insyaallah kalian akan menjadi orang yang berintegritas,” tuturnya.

Gubernur yang pernah menerima penghargaan dari KASN dalam Manajemen ASN dengan predikat ‘Baik’ ini berharap agar PNS yang baru dilantik ini bisa memiliki sikap mental dan kemampuan profesional dalam melaksanakan tugas kedinasan sesuai bidang masing-masing.

“Jangan selalu merasa lebih dari orang lain, yang lebih itu harus kita bagi dengan orang lain, karena itulah manfaat kita dalam sebuah tim. Jaga profesionalitas, disiplin, dengan begitu kepercayaan akan kita dapatkan. Perjalanan karir kalian masih panjang, jangan ikut-ikutan yang kurang baik, selalu disiplin,” tegasnya.

Sebanyak 38 orang CPNS dilantik, dengan rincian pengangkatan CPNS menjadi PNS sebanyak 19 orang PKN-STAN dan lima orang STTD, serta jabatan fungsional yang dilantik (pengangkatan pertama) sebanyak 14 orang. Acara pengambilan sumpah dan pelantikan ini juga turut disaksikan oleh Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov. Babel, Yanuar dan Kepala BKPSDMD Babel, Susanti beserta jajaran.

Penulis: Lisia Ayu

Leave A Reply

Your email address will not be published.