Tegas dan Rasional

Menjaga Harga Minyak Goreng Tetap Stabil. Gubernur Buat Surat Edaran Penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) ke Bupati dan Walikota

0 10

TerabasNews, Pangkalpinang – Menjaga harga minyak goreng tetap stabil di sejumlah ritel dan pasar tradisional di Bangka Belitung (Babel), Gubernur Kepulauan Bangka Belitung mengeluarkan surat penetapan harga eceran tertinggi minyak goreng sawit kepada Bupati dan Walikota Se-Bangka Belitung.

“Surat edaran yang dikeluarkan oleh Gubernur Babel bernomor 510/0041/DISPERINDAG tanggal 3 Februari 2022 itu di tandatangani oleh Wakil Gubernur Babel, tentang penetapan harga eceran tertinggi minyak goreng sawit, yang ditujukan untuk Bupati dan Walikota,” kata Kabid Pengendalian, Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Fadjri Djagahitam, Jumat (04/2) di Ruang Kerjanya.

Menurutnya surat edaran itu bertujuan untuk mengatur regulasi penetapan harga jual minyak goreng sawit ke tingkat konsumen, hal itu berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 06 tahun 2022 tentang penetapan harga eceran tertinggi minyak goreng sawit.

Menurutnya edaran itu menegaskan bahwa dalam menjaga  stabilitas dan kepastian harga minyak goreng sawit serta keterjangkauan minyak goreng di tingkat konsumen maka diperlukan penetapan harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng sawit.

Dijelaskannya untuk harga minyak goreng curah Rp. 11.500,00 perliternya, untuk minyak goreng kemasan sederhana Rp.13.500,00 perliternya dan Rp 14.00,00 perliter untuk minyak goreng kemasan premium.

Ketetapan harga eceran tertinggi itu, ditegaskannya mulai berlaku pada Selasa tanggal 1 Februari 2022 untuk ritel modern, ritel lokal dan di pasar tradisional yang ada di Babel.

“Nanti Kepala Daerah memerintahkan perangkat daerah terkait, untuk melakukan pemantauan pemberlakukan harga minyak goreng di wilayah masing-masing,” pungkasnya. (mislam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.