Tegas dan Rasional

Pemkot Pangkalpinang Berencana Bangun Pasar Burung Yang Asri

0 11

TerabasNews, Pangkalpinang – Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berencana membangun pasar yang berkonsep asri di wilayah Kelurahan Selindung, Kecamatan Gabek.

“Kemarin kami sudah meninjau lokasinya. Pasar baru ini nantinya akan ditata dengan keberadaan pohon-pohon. Dengan demikian, Pasar diharapkan bisa membuat pengunjungnya nyaman dan sejuk ketika berbelanja,” kata Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil atau akrab disapa Molen, Selasa.

Terkait hal itu, pihaknya akan berupaya menjadikan pasar baru tersebut menjadi salah satu kawasan yang akan mendobrak perekonomian Kota Pangkalpinang.

Dengan adanya pasar baru tersebut, Dirinya optimis dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat sebagai tujuan utama pembangunan Pasar Selindung.

“Saya rasa lokasi ini sangat cocok untuk pembangunan pasar seperti Pasar Burung dan Ikan, yang bertujuan bisa menggeliatkan perekonomian masyarakat sekitar,” katanya.

Sementara Kepala Disperindag Kota Pangkalpinang, Donal Tampubolon mengatakan untuk rencana pasar baru tersebut masih banyak yang harus dilakukan, mulai dari menyusun studi kelayakan bisnis atau feasibility study (FS), melihat dari segi AMDAL, tata ruang dan lainnya yang harus dikaji lagi.

“Jadi untuk rencana pembangunan pasar baru ini, wilayah Selindung itu merupakan salah satu alternatif lokasinya. Untuk waktunya belum tahu kapan, yang pasti belum di tahun ini. Kemungkinan bisa dua tahun mendatang,” katanya.

Dikatakannya, rencana pembangunan pasar baru ini dikarenakan melihat kondisi pasar di Jalan Trem yang sudah tidak cocok lagi untuk menjual burung, sehinga perlu dicari alternatif tempat lain yang cocok untuk dijadikan pasar burung.

“Selain dijadikan sebagai pasar burung, rencanannya pasar baru ini juga akan dijadikan sebagai tempat lomba kicau mania. Jadi karena di Selindung tanahnya sudah milik pemkot, sehingga rencana pembangunannya ada di sana,” katanya. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.