Tegas dan Rasional

Kegiatan Perjusami Saka Wira Kartika Kodim Aceh Barat Secara Resmi Telah Di Buka

0 53

TerabasNews – Aceh Barat – Guna membentuk dan membina generasi muda agar menjadi pemimpin masa depan yang disiplin, ulet, smart, inovatif, penuh semangat dan pantang menyerah, Komando Distrik Militer 0105/Abar membuka kegiatan Perkemahan Jum’at Sabtu Minggu (Perjusami) Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) di Lapangan Bola Kaki Desa Alue Tampak Kecamatan Kaway XVl, Jum’at (18/12/2020)

Bertindak sebagai lnspektur upacara, Sekda Marhaban SE yang mewakili Dandim Aceh Barat Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P.

Dalam amanat Dandim yang dibacakan oleh Marhaban SE mengatakan, bahwa gerakan Pramuka pada hakekatnya merupakan salah satu jenis Pendidikan Non Formal yang menjadi wadah bagi pengembangan potensi diri dan bisa membangun semangat berjuang (Fighting Spirit) serta guna melahirkan kaderisasi pemuda tangguh dan cerdas sebagai pewaris estafet kepemimpinan demi tercapainya cita cita bangsa lndonesia.

“Generasi muda sebagai agen perubahan diharapkan mampu memberikan pembelajaran kepada masyarakat untuk memahami lingkungan sekitar dan memiliki wawasan pengetahuan yang lebih luas”, ucap Marhaban saat membacakan amanat Dandim

Untuk itu, lanjutnya, agar kegiatan Perjusami ini kiranya dapat dilaksanakan dengan baik, serius, disiplin dan penuh kesungguhan dari para peserta dalam mengikuti setiap program yang telah direncanakan oleh pembina, pembimbing maupun instruksi pemateri.

“Saya mengajak kepada seluruh peserta Perjusami untuk mengikuti kegiatan ini dengan gelora semangat yang tinggi, karena ini merupakan wadah dalam mewujudkan SDM (Bela Negara) yang unggul sekaligus patriotik berjiwa Pancasila dan setia kepada tegaknya NKRl sesuai Bhineka Tunggal lka dengan memegang pedoman pada UUD 1945”, ujarnya

Pada kesempatan yang sama, Plh. Pasi Ter Kodim Aceh Barat Kapten lnf Hendra Saputra sebagai penanggung jawab dalam kegiatan Perjusami ini mengatakan, tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membina para generasi muda agar memiliki karakter wawasan kebangsaan yang setia berbakti serta menjunjung tinggi nilai luhur keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Untuk itu, selama tiga hari kedepan para peserta akan di tempa dengan materi pembekalan baik teori maupun praktek dasar diantaranya Krida Navigasi Darat (pengetahuan peta dan medan, kompas siang dan malam), Krida Pioneer atau tali temali, Krida Mountaineering (panjat atau turun tebing), Krida Survival untuk dapat bertahan hidup dengan mengenali berbagai jenis tumbuhan atau binatang yang bisa dikonsumsi dan yang terakhir adalah Krida Penanggulangan Bencana Alam”, tutur Kapten Hendra

Kegiatan Perjusami ini diikuti oleh ± 70 peserta diantaranya siswa siswi dari MAN l Meulaboh, SMA N l Meureubo, MAN l Kaway XVl dan MAS Alue Tampak. Yang sesuai jadwal akan dilaksanakan selama tiga hari, terhitung mulai tanggal 18, 19 sampai dengan 20 Desember 2020. Adapun selama pelaksanakan kegiatan tetap menerapkan protokol kesehatan karena masih dalam status pandemi Covid – 19.

Acara pembukaan Perjusami ini dihadiri oleh Sekdakab Aceh Barat Marhaban SE, Plh. Pasi Ter Dim 0105/Abar Kapten lnf Hendra Saputra, Para Danramil – Danposramil, Para Pembina Saka Wira Kartika dari Kodim 0105/Abar dan Petugas Puskesmas Kaway XVl. (**)

Leave A Reply

Your email address will not be published.