Tegas dan Rasional

Latgulbencal Kodim Aceh Barat Fokus Pada Penanganan Covid – 19

0 57

TerabasNews – Aceh Barat – Kodim 0105/Abar menggelar kegiatan Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal) Semester ll Triwulan lV Tahun 2020 bertempat di Makodim Jalan lmam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Senin (7/12/2020)

Kegiatan diawali dengan apel pembukaan latihan yang dipimpin oleh Komandan Kodim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos., M.A.P dan diikuti personil dari Kodim 0105/Abar, Denkesyah lM 04.02, Denzibang 1/lM serta anggota Denpom lM/2 Meulaboh. Setelah apel pengecekan kemudian dilanjutkan breafing.

Dalam amanatnya, Dandim mengatakan, kegiatan latihan ini merupakan program dari Komando Atas yang harus dilaksanakan terutama terhadap penanganan Covid – 19 sabagai ancaman yang nyata.

“Latgulbencal kali ini di fokuskan pada materi tentang Covid – 19, mulai dari pengetahuan apa itu Covid – 19 dan bagaimana cara mencegah serta menanganinya. Sehingga para peserta memiliki modal dasar terkait Penanganan Bencana Alam (PBA), sesuai dengan tuntutan tugasnya dalam menanggulangi dan mengantisipasi setiap kemungkinan bencana Covid – 19 yang timbul sewaktu waktu di wilayah Aceh Barat”, ungkap Dandim

Lanjut Dandim, Covid – 19 merupakan bencana non alam, namun dampaknya sangat besar hingga merenggut nyawa manusia. Untuk itu, kontigensi plan dan mitigasi risiko harus disiapkan dengan matang. Karena setiap bencana harus dapat ditangani secara cepat, tepat dan tuntas.

“Tujuan latihan ini tak hanya penyegaran, namun juga menyatukan visi dan misi serta melatih kekompakan tim atau satuan, sehingga dapat mengaplikasikan dilapangan dengan baik, benar dan efektif. Hingga detik ini, jajaran TNl telah memberikan kontribusi positif dalam menanggulangi bencana alam maupun Covid – 19, tak terkecuali Kodim Aceh Barat”, ulas Dandim Dimar

Dandim juga berharap dengan adanya latihan ini, para peserta dapat meningkatkan pemahaman, wawasan, kewaspadaan dan lebih mengerti taktik dan teknik kesiapan serta mekanisme penanggulangan.

“Selama pelaksanaan latihan perhatikan protokol kesehatan. Ingat, protokol kesehatan merupakan langkah yang sangat penting untuk melindungi diri kita dan orang terdekat dari Covid – 19”, ucap Letkol Dimar memberi penekanan

Ada beberapa materi yang di kupas dalam Latgulbencal kali ini, diantaranya Pengetahuan Tentang Covid – 19 oleh dr. Patria Darma Asih dari Dinas Kesehatan, Pencegahan Dan Penanganan Covid – 19 serta Pengetahuan Tentang PSBB yang disampaikan langsung oleh Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P, kemudian materi terakhir tentang Penggunaan Dana Desa Untuk Pencegahan Covid – 19 oleh Camat Johan Pahlawan Said Azmi SE. (**)

Leave A Reply

Your email address will not be published.