Tegas dan Rasional

Walikota Pangkalpinang Pimpin Upacara Peringati Hari Pahlawan Tahun 2020

0 76

TerabasNews – Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Maulan Aklil (Molen) memimpin langsung upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Tahun 2020 di halaman kantor Wali Kota Pangkalpinang, Selasa.

“Kita dapat melaksanakan upacara bendera dan mengheningkan cipta secara serentak selama 60 detik untuk memperingati hari pahlawan 10 November 2020 dengan khidmat, meskipun di tengah masa pandemik covid ini. Tentunya dengan jumlah peserta yang terbatas dan disesuaikan dengan protokol kesehatan,” kata Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil saat membacakan amanat Menteri Sosial, Senin.

Ia mengatakan, hari pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap tanggal 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan negara kesatuan republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh semua sebagaimana tema hari pahlawan tahun 2020 yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa“.

Dikatakannya, apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka.

“Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa,seperti: kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham- paham radikal, dan termasuk berjuang melawan pandemi COVID-19 yang saat ini melanda dunia,” ujarnya.

Meskipun dalam masa pandemik covid, peringatan hari pahlawan tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Nilai-nilai kepahlawanan seperti, percaya kepada tuhan YME, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong,perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia

“Semangat kepahlawanan yang terus menyala,dapat dijadikan sebagai motor penggerak dalam upaya kita mengisi kemerdekaan untuk mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini,” katanya.

Selain itu, Dia berharap seluruh ASN di lingkungan pemkot dan masyarakat Pangkalpinang dapat lebih memahami nilai-nilai kepahlawanan dan kemudian dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

“Memperingati hari pahlawan ini sebagai cara untuk mengecas hati kita, untuk selalu mengingat jasa-jasa para mereka. Untuk itu kita juga harus terus berjuang sesuai dengan kondisi sekarang untuk memajukan Pangkalpinang, apalagi di masa pandemik covid, kita tidak boleh menyerah,” katanya. (hend/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.