Tegas dan Rasional

Gandeng Dispertan, Satgas TMMD Ajarkan Warga Menjadi Petani Sukses

0 18

TerabasNews – KENDAL, Sabtu 3/10 – Satgas TMMD menjalin kerja sama dengan Dinas Pertanian Pemkab Kendal, saat memberi pembekalan materi pertanian kepada warga di sasaran TMMD Reguler ke-109 Kodim 0715/Kendal di Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Hal itu dilakukan agar materi yang diberikan benar-benar tepat sasaran, terukur dan terarah. Penyuluhan yang digelar di Kantor Desa Laban, Kecamatan Kangkung dan diikuti sekitar 30 warga setempat.

Dalam kegiatan penyuluhan ini, Danramil 01/Kota Kapten Inf Agus Sulistyo Praptono Kodim 0715/Kendal Tim Satgas TMMD menegaskan, para petani di Desa Laban perlu diberikan pemahaman tentang tata cara bercocok tanam yang baik dan benar.

Karena, lanjut Kapten Inf Agus Sulistyo, menjadi petani adalah profesi mulia, dimana hasil daya dan usaha petani menjadikan orang bisa mendapatkan makanan untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Sementara itu Kabid Hortikultura Dispermasdes Kendal, Wildan juga menambahkan untuk menjadi petani yang benar harus memiliki tekad dan kesungguhan. Di antaranya tidak mudah terpengaruh dengan tanaman yang belum dipahami dan diketahui tata cara pembudidayaannya.

Sampai tahap ini, lanjutnya, seorang petani masih memerlukan lagi tambahan ilmu di bidang bercocok tanam. Yakni, bijak dalam memberdayakan lahan untuk memaksimalkan produktivitas hasil panen.

“Dengan mengoptimalkan pemanfaatan lahan, maka seorang petani bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal, dan hasil panen melimpah tentunya akan ikut meningkatkan pendapatan petani untuk menjadi lebih sejahtera,”ujarnya.

Tahapan berikutnya, kata Wildan, adalah keharusan bagi seorang petani untuk mengetahui kadar tanah pada lahan penanaman bibit atau benih.

“Pengetahuan akan kadar tanah juga berpengaruh besar terhadap produktivitas panen, sehingga hal ini juga mutlak diketahui seorang petani,” terangnya. (Pendim 0715/Kendal)

Leave A Reply

Your email address will not be published.