Tegas dan Rasional

Danramil 10/Pageruyung Berikan Wawasan Kebangsaan di Lokasi TMMD

0 14

TerabasNews – KENDAL, Kamis 1/10 – Komandan Koramil 10/Pageruyung/Kodim 0715/Kendal, Kapten Inf. Sutejo tampil sebagai materi di gelaran non fisik TMMD Reguler ke-109 Kodim 0715/Kendal di Desa Sendang Kulon, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Di kesempatan itu, Kapten Inf. Sutejo suluh tentang wawasan kebangsaan kepada masyarakat di Desa Kaliyoso, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal.

Danramil Sutejo menjelaskan, empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Ada empat pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI,” jelasnya.

Menurutnya, jika empat pilar itu telah tertanam dalam benak dan dipahami maknanya oleh segenap warga negara, kehidupan bernegara akan aman. Pasalnya, dalam pilar tersebut terdapat Pancasila yang merupakan dasar atau ideologi negara Indonesia.

Selanjutnya ada UUD 1945 yang menjadi pedoman untuk kehidupan bernegara yang merupakan turunan dari Pancasila. Termasuk memegang teguh semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang berarti meski berbeda-beda tapi tetap satu jua.

“Dengan pilar-pilar dalam bernegara ini, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) niscaya akan tetap terjaga dan tidak akan terpecah,” jelasnya. (Pendim 0715/Kendal)

Leave A Reply

Your email address will not be published.