Tegas dan Rasional

Ciptakan Kaderisasi Da’i Da’iyah, Kodim Aceh Barat Gelar Komsos Kreatif

0 31

TerabasNews – Aceh Barat – Menumbuhkan rasa cinta nilai keagamaan, Kodim 0105/Abar menggelar lomba da’i dalam rangka Komsos Kreatif TW lll dengan mengusung tema “Membentuk SDM Kreatif, lnovatif dan Adaptif”. Lomba da’i tingkat SD, SMP, SMA sederajat dan Dayah ini dibuka langsung oleh Dandim Aceh Barat Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P di Aula Makodim Jalan lmam Bonjol Desa Drien Rampak Kecamatan Johan Pahlawan, Selasa (29/9/2020)

Mengawali sambutannya, Dandim mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada para peserta yang hadir serta panitia lomba atau Dewan Hakim dan Panitera dari dinas terkait Kabupaten Aceh Barat. Dandim juga memberikan reward atau apresiasi kepada panitia penyelenggara dan semua pihak yang ikut berpartisipasi mendukung Komsos kreatif ini. Adapun lomba ini diikuti oleh 90 peserta dan dilaksanakan selama dua hari dengan mekanisme 45 peserta tiap harinya.

“Dakwah merupakan kewajiban umat lslam bagi laki laki maupun perempuan guna mensyiarkan nilai nilai ajaran lslam. Untuk itu Kodim Aceh Barat memfasilitasi kegiatan ini melalui lomba da’i. Harapannya dapat menggali potensi dan kaderisasi yang dimiliki para peserta sehingga bakatnya bisa dikembangkan sesuai dengan standar kompetensi. Yang pada akhirnya bisa melahirkan da’i da’iyah dimasa depan untuk melanjutkan perjuangan dakwah para alim ulama”, ungkap Letkol Dimar

Lanjut Dandim, kegiatan lomba ini bisa mendidik siswa-siswi untuk menjadi manusia berakhlakul karimah sebagai pensyiar agama lslam sesuai dalam beranda keagamaan. Selain itu juga untuk memupuk ukuwah islamiyah sejak dini.

“Bagi para peserta saya himbau agar mentaati segala peraturan dan ketentuan yang telah disepakati bersama pada saat technical meeting. Silahkan berlomba dengan sungguh sungguh namun tetap menjunjung tinggi sportivitas. Dan bagi para dewan juri harus bersikap adil, subjektif dan objektif serta tidak mudah diintervensi oleh siapapun “, tekan Dandim Dimar

Pada kesempatan yang sama, Kakan Kemenag Aceh Barat Khairul Azhar, MA menyampaikan apresiasinya yang luar biasa kepada Kodim Aceh Barat yang telah mengadakan lomba da’i ini, dengan harapan dapat melahirkan bibit bibit da’i dan da’iyah yang berbakat dalam mensyiarkan agama lslam.

“Mudah mudahan apa yang dilaksanakan oleh Kodim Aceh Barat bisa menjadi motivasi bagi instansi lainnya untuk mengadakan kegiatan serupa tak hanya tingkat Kabupaten akan tetapi bisa jenjang Provinsi. Dimana kegiatan ini juga secara tidak langsung membantu instansi kami (Kemenag) dalam meningkatkan SDM di bidang keagamaan terutama untuk syiar agama lslam”, ujar Khairul Azhar

Acara Komsos Kreatif ini dihadiri oleh Wakil Ketua MPU Tgk. H. Cut Usman, Kadis Syariat Islam Muhammad lsa S.Pd, Kadis Pendidikan Drs. Husaini M.PD, Kakan Kemenag Khairul Azhar MA, Kadis Pendidikan Dayah Fariani S.Ag MA, Pasiter Kapten Inf Hendra Saputra beserta panitia dan penyelenggara.

Leave A Reply

Your email address will not be published.