Tegas dan Rasional

Pemkot Pangkalpinang Tingkatkan Pariwisata Berbasis Masyarakat

0 432
Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, Suryo Kusbandoro

TerabasNews – Pangkalpinang – Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berencana akan meningkatkan pariwisata dengan konsep pariwisata yang berbasis masyarakat, yaitu pengembangan homestay.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Pangkalpinang, Suryo Kusbandoro, Selasa, mengatakan dengan adanya pandemik COVID-19 saat ini, homestay mempunyai kesempatan besar untuk menarik para wisatawan, karena homestay bisa menjadi hunian yang dapat terhindar dari keramaian.

“Homestay sekarang mengalami peningkatan hunian bagi wisatawan, karena tempat homestay jauh dari keramaian. Sangat cocok bagi wisatawan yang menginginkan rasa aman, terhindar dari pandemik COVID-19,” katanya.

Selain itu kata Dia, yang perlu diperhatikan adalah pemanfaatan aspek digitalisasi dalam sektor pariwisata terkait adaptasi dan menyiasati potensi era digital.

Karena Menurutnya, kebiasaan orang menggunakan platform online di masa pandemik ini yang dapat menjadi kesempatan bagi para penyelenggara pariwisata khususnya pengelola homestay di Kota Pangkalpinang.

“Dalam kondisi pandemi ini semua dipaksa untuk memahami digital dengan cepat, suka tidak suka, mau tidak mau, dunia pariwisata harus menggali potensi era digital,” ujarnya. (Hend/adv)

Leave A Reply

Your email address will not be published.