Tegas dan Rasional

Wakil Gubernur Abdul Fatah Menerima Rekomendasi Tim BPK RI Babel

0 9

TerabasNews – PANGKALPINANG – Pada hari Senin (7/9/20), tim BPK RI yang dikepalai oleh Kepala Perwakilan BPK RI Babel, Ida Farida bertemu dengan Wakil Gubernur Abdul Fatah yang didampingi oleh Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan inspektur terkait hasil audit Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Pertemuan kegiatan exit meeting ini berguna untuk memberikan informasi dan saran-saran dari BPK RI kepada Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung yang ditemukan di lapangan sebagai perbaikan pada sistem pemerintahan Babel.

“Tujuan dan latar belakang pemeriksaan SPBE pada exit meeting pada kali ini untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, serta pelayanan publik yang berkualitas,” ujar Wakil Gubernur Abdul Fatah.

Beberapa hal yang menjadi rekomendasi tim BPK RI antara lain adalah masih belum adanya tim koordinasi SPBE antar OPD dan pelayanan sistem di Pemprov. Babel.

“Karena outcome yang diharapkan oleh tim BPK RI adalah meningkatkan efisiensi pembangunan sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional yang mewujudkan satu data Indonesia atau open data,” ungkap Kepala Perwakilan BPK RI Babel, Ida Farida.

Selain itu juga disampaikan bahwa kebijakan pengaturan dan penempatan pranata komputer di Pemprov. Babel masih belum seragam dan merata di setiap OPD. Sehingga pemerataan penyebaran pranata komputer ini menjadi perhatian tim BPK RI yang disampaikan kepada Wakil Gubernur Abdul Fatah.

“Begitupun di beberapa OPD ditemukan jumlah pranata komputer yang cukup banyak, namun di OPD lain tidak ada sama sekali,” ungkapnya.

Tata kelola SPBE pengembangan kompetensi bagi pegawai dengan jabatan pranata komputer masih perlu terus diperbaharui. Mengingat perkembangan sistem dan aplikasi berkembang sangat cepat.

Sehingga, diperlukan para pegawai dengan jabatan pranata komputer di lingkungan Pemprov. Babel yang memiliki kompetensi tinggi dan profesional.

“Supaya kita siap menerima sistem yang baru. Karena sistem akan selalu berkembang, dan perlu terus diberikan pembelajaran kompetensi supaya para pranata komputer dapat menjadi lebih profesional,” pungkas Kepala Perwakilan BPK RI Babel, Ida Farida. (KH)

Leave A Reply

Your email address will not be published.