Tegas dan Rasional

Pemerintah Pusat Terus Bantu Dorong Pemerintah Daerah Untuk Pulihkan Ekonomi Daerah

0 2

TerabasNews – PANGKALPINANG – Pemerintah pusat terus berupaya melakukan terobosan untuk memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia, dengan harapan kehidupan kembali normal seperti sedia kala.

Hal itu dibahas pada rapat koordinasi dalam rangka meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang diselenggarakan oleh Kemendagri RI melalui video conference. Kegiatan ini bertempat di Ruang Rapat Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel yang dihadiri oleh Sekda Naziarto mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, serta diikuti oleh para Forkopimda Babel, serta berapa kepala OPD lainnya, Kamis (27/8/20).

Menteri Dalam Negeri RI, Tito Karnavian mengawali pembicaraan bahwa kegiatan ini terlaksana sesuai arahan Presiden RI minggu lalu terkait penanganan Covid-19, serta isu lainnya termasuk pemulihan ekonomi nasional dan pilkada yang akan digelar di masa pandemi.

Menko Polhukam RI Mahfud MD menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengajak seluruh pemda di Indonesia untuk memerangi Covid-19 yang saat ini belum berakhir.

Tujuan kegiatan ini ada dua hal. Pertama, agar wabah ini cepat berakhir. Kedua, untuk pemulihan ekonomi yang saat ini cenderung menurun.

Oleh sebab itu, satuan tugas dalam penanganan Covid-19 mencanangkan lima program utama yaitu, program Indonesia aman dari Covid-19, program Indonesia sehat menangani reformasi layanan kesehatan berbasis gotong royong, program berdaya untuk meningkatkan daya beli masyarakat, program Indonesia tumbuh bertujuan untuk meningkatkan penerimaan negara, dan program Indonesia bekerja yang menangani percepatan penyerapan tenaga kerja.

“Sampai saat ini wabah masih berlangsung, tak tahu kapan akan berakhir. Kalau kita tidak mengambil kebijakan, maka kehidupan ini akan terus terpuruk. Kita tetap menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya dengan tetap memerangi virus dengan sekuat tenaga, namun ekonomi masyarakat tetap berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah Naziarto yang mewakili Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengatakan, penanganan Covid-19 harus dilakukan dengan maksimal, sehingga wabah ini cepat berakhir di Babel.

“Jangan kita lengah terhadap perkembangan Covid -19, tapi kita jangan terlalu takut. Tetap melaksanakan aktivitas kita sehari -hari seperti biasa,” ungkapnya.

Selanjutnya, pemprov, pemkab, dan pemkot dianjurkan segera melakukan pemulihan ekonomi di daerah masing – masing, supaya tingkat kehidupan masyarakat dapat berjalan normal kembali, namun dengan penerapan protokol kesehatan yang lebih ditingkatkan.

Menurut Sekda Naziarto, bagi pemda dalam pemulihan ekonomi adalah anggaran yang sudah dianggarkan di setiap OPD harus segera dibelanjakan.

“Dengan dikucurkan anggaran tersebut, segera direalisasikan dengan masyarakat. Itu salah satu pendukung percepatan perputaran ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Walaupun demikian, penggunaan anggaran harus sesuai prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah, sehingga tidak menjadi permasalahan di kemudian hari. Apabila hal ini dapat diterapkan sebagaimana mestinya, Sekda Naziarto yakin pemulihan ekonomi masyarakat dapat terlaksana dengan baik.

Kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa Menteri Republik Indonesia, KPK RI, BPK RI, BNPB, serta diikuti seluruh kepala daerah di Indonesia. (Ha)

Leave A Reply

Your email address will not be published.