Tegas dan Rasional

Dirjen Perhubungan Laut Dukung Peningkatan Kapasitas Pelabuhan dan Alur Pelayaran Babel

0 17

TerabasNews – PANGKALPINANG – Kepala Dinas Perhubungan Babel, K.A. Tajuddin melakukan koordinasi ke Kementerian Perhubungan Republik Indonesia terkait peningkatan kapasitas pelabuhan dan alur pelayaran di wilayah Bangka Belitung. Kamis (27/8/20) pagi.

Dalam pertemuan tersebut , Direktur Jenderal Perhubungan Laut Republik Indonesia, Agus Santoso mendukung program Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dalam rangka peningkatan kapasitas pelabuhan dan alur pelayaran di wilayah Bangka Belitung (Babel), termasuk upaya membangun terminal khusus (tersus) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) yang berorientasi melayani keperluan ekspor komoditas pertanian dan perikanan asal Bangka Belitung ke luar negeri.

Pemerintah pusat memberikan apresiasi atas berbagai upaya yang sudah dilakukan Gubernur Erzaldi untuk mempercepat pembangunan pelabuhan di Bangka Belitung apalagi Bangka Belitung merupakan wilayah kepulauan yang membutuhkan infrastruktur untuk mewujudkan konektivitas antar pulau dan pelayanan ekspor komoditas asal Bangka Belitung ke negara tujuan (end user).

Pada kesempatan itu, Dirjen Agus meyakinkan pihaknya akan memberikan dukungan dan kebijakan sesuai kewenangan pemerintah pusat dan jika kewenangan tersebut merupakan kewenangan daerah sepenuhnya juga pihaknya akan mendukung.

Sementara itu, Kadishub Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, K.A. Tajuddin menyambut baik atas dukungan yang telah diberikan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melalui Dirjen Perhubungan Laut Republik Indonesia terhadap peningkatan kapasitas pelabuhan dan alur pelayaran, sehingga konektivitas antar pulau dan pelayanan ekspor komoditi yang dari Babel dapat dilakukan dengan baik.

Harapannya dengan dukungan tersebut , Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung dapat mengambil langkah dan program yang strategis dan mewujudkan peningkatan kapasitas pelabuhan dan alur pelayaran di wilayah Bangka Belitung .

Bangka Belitung sekarang ini tengah gencar-gencarnya melakukan ekspor komoditas pertanian berupa ekspor komoditas lada, cangkang sawit, serta lidi nipah ke luar negeri melalui pelayaran ke luar negeri.(Is)

Leave A Reply

Your email address will not be published.