Tegas dan Rasional

Mencapai 95 Persen UHC Pemkab Bateng Menerima Penghargaan dari Wapres RI

0 5

TerabasNews, BANGKA TENGAH – Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah salah satu Kabupaten, dari 251 Kabupaten se-Indonesia yang menerima penghargaan, dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Nasional dalam acara UHC Award, Selasa (14/03/2023) di Balai Sudirman, Jakarta.

Kabupaten Bangka Tengah berhak menerima penghargaan tersebut, karena telah mendukung serta berkontribusi dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional, dan juga atas pencapaian 95 persen Universal Health Coverage.

Penghargaan UHC tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin, kepada M. Anas Ma’ruf, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, Pemkab Bangka Tengah yang mewakili Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman.

Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, M Anas Ma’ruf, mengatakan, Kabupaten Bangka Tengah tercatat di BPJS, bahwa UHC nya periode Maret 2023 berada pada capaian 96,83 persen, dan itu sesuai dengan RPJMN.

“Capaian ini sesuai harapan RPJMN, semoga Bangka Tengah bisa memenuhi 98 persen dari masyarakat sudah memiliki jaminan kesehatan di tahun 2024 mendatang,”ujarnya usai menerima penghargaan.

Lanjut Anas, tentang pencapaian UHC ini, ia berkeinginan dapat memenuhi jaminan kesehatan seluruh masyarakat semaksimal mungkin, namun terkendala oleh masalah kependudukan, yang mana masih banyaknya warga pendatang yang belum memiliki KTP Bangka Tengah.

“Tentunya kami ingin semua masyarakat memiliki jaminan kesehatan sehingga lebih banyak yang terbantu, oleh karena itu diharapkan masyarakat yang telah tinggal dan menetap di Bangka Tengah agar segera mengurus KTP,” pungkasnya (**).

Leave A Reply

Your email address will not be published.