Categories: Pangkalpinang

Pj Wako Budi Utama Pilih Griya Timah untuk Upacara Sumpah Pemuda, Kenalkan Warisan Sejarah kepada Generasi Muda

TerabasNews, PANGKALPINANG – Pemerintah Kota Pangkalpinang menggunakan situs bersejarah saat menggelar upacara hari peringatan Sumpah Pemuda ke-96 yakni di halaman Gedung Griya Timah, Senin (28/10/2024).

Pj Wali Kota Pangkalpinang, Budi Utama selaku pembina upacara menyampaikan bahwa pemilihan lokasi ini sebagai langkah untuk memberikan sesuatu yang berbeda sekaligus mengenalkan warisan budaya dan sejarah kepada generasi muda.

“Saya dulu pernah tergabung di KNPI, pemuda pancasila, terus pemuda Muhammadiyah ada beberapa organiasi lain juga seperti motor classic. Jadi saya ingin memberikan sesuatu yang berbeda, ” ungkapnya.

Sebelumnya kata Budi, untuk menentukan alternatif lokasi bersejarah bagi pemuda tersebut ia sempat berkolaborasi bersama Sejarawan sekaligus tokoh masyarakat Kota Pangkalpinang, Dato Akhmad Elvian.

Terakit sejarah Gedung Griya Timah, Budi menjelaskan bahwa pada lima hari setelah proklamasi kemerdekaan pada tanggal 22 Agustus 1945 dalam sidang panitia persiapan kemerdekaan indonesia (PPKI), dibentuklah komite nasional, partai nasional indonesia, dan badan keamanan rakyat (BKR). Sebagai kelanjutan pembentukan BKR di Jakarta, badan keamanan rakyat juga dibentuk di Pulau Bangka.

Pada awal bulan September 1945 oleh bekas Heiho (tentara pembantu) dan Giyugun (tentara sukarela), pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, serta organisasi-organisasi dan badan-badan perjuangan rakyat yang bertujuan untuk menjaga kemanan dan keselamatan rakyat setelah proklamasi kemerdekaan.

“Mereka (bekas heiho dan giyugun), dikumpulkan di rumah sekolah yang terletak di jalan jagal Pangkalpinang yaitu di lokasi sekolah Budi Mulia Lauders yang telah berdiri sejak April tahun 1934 olrh Pastor ater Bakker, ” jelasnya.

Kemudian, Kata Budi, salah satu organisasi atau badan perjuangan rakyat adalah angkatan pemuda indonesia (API), yang keanggotaannya terdiri dari kalangan pemuda. Selain API, para tokoh masyarakat juga membentuk barisan yang disebut gerakan rakyat indonesia (GRI). Tujuan kedua barisan ini untuk menjaga keamanan Bangka dari gangguan pihak musuh.

“Pembentukan API dan GRI dilaksanakan di tempat kita menggelar upacara hari ini tepatnya gedung di belakang saya berdiri saat ini yang sekarang menajadi Griya Timah milik PT Timah TBk, ” jelasnya.

Budi menambahkan melalui peringatan hari Sumpah Pemuda ke-ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat bersama membangun bangsa. (Eka)

TerabasNews

Recent Posts

Griya Timah PT Timah Jadi Saksi Gerakan Pemuda Pulau Bangka, Jadi Lokasi Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-96

TerabasNews, Pangkalpinang - Gedung Griya Timah salah satu bangunan di kantor Pusat PT Timah Tbk…

37 mins ago

Retreat Kabinet di Magelang Lancar, PLN Sukses Amankan Listrik Secara Berlapis

TerabasNews, Magelang, 27 Oktober 2024 - PT PLN (Persero) turut menyukseskan rangkaian Retreat Kabinet Merah…

2 hours ago

Cegah Peredaran Gelap Narkotika, Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dan Tim Gelar Razia Gabungan

TerabasNews, Pangkalpinang – Dalam upaya memperkuat deteksi dini dan mencegah peredaran gelap narkotika, Lembaga Pemasyarakatan…

2 hours ago

Mendagri Tito Pimpin Rakor Pengendalian Inflasi Minggu Ke Empat Oktober 2024

TerabasNews, PANGKALPINANG - Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Tito Karnavian memimpin langsung Rapat Koordinasi Pengendalian…

2 hours ago

Pj Wako Pangkalpinang Budi Utama Percaya Bawaslu Bekerja Secara Profesional

TerabasNews, Pangkalpinang - Penjabat (Pj) Walikota Pangkalpinang Budi Utama mempercayai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota…

2 hours ago

Danrem 045/Gaya Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96

TerabasNews, Pangkalpinang - Prajurit dan PNS Korem 045/Garuda Jaya melaksanakan upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda…

2 hours ago