Tegas dan Rasional

Kunjungi Babel Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Cek Peralatan SAR

0 37

TerabasNews, Pangkalpinang (08/08/2022) – Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang ( Basarnas Babel ) Hari ini mendapatkan kunjungan kerja oleh Kepala Badan Nasional Pencarian dan pertolongan Bapak Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Ibu Shanti Henri Alfiandi.


Kunjungan tersebut merupakan program kunjungan kerja yang sudah lama di rencanakan untuk pengecekan personil dan peralatan di masing – masing wilayah kerja Badan Nasional Pencarian dan Nasional.

Pukul 07:59 WIB rombongan Kabasarnas tiba di Bandara Depati Amir dengan menggunakan pesawat TNI AU CN 295 dan langsung di sambut oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Bapak I Made Oka Astawa,S.H.,M.Si. beserta forkompinda Bangka Belitung dan langsung dilanjutkan acara ramah – tamah di ruangan VVIP Bandara Depati Amir Pangkalpinang.

Setelah melakukan ramah tamah dengan forkompinda Kabasarnas melanjutkan perjalanan ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang untuk memberikan pengarahan dan tanya jawab kepada seluruh pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang dilanjutkan dengan pemeriksaan Peralataan SAR yang ada di Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang.


Dalam tanya jawab dengan para pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang terdapat beberapa usulan terkait peralatan pendukung dalam melaksanakan Operasi SAR yang ada di Provinsi Kep.Bangka Belitung.


Diantaranya perlunya pengadaan Drone yang dilengkapi Flir untuk melaksanakan Operasi SAR, lalu di perlukan juga kemampuan sidemount diver buat rescuer yang berfungsi sebagai pelaksanaan operasi SAR bawah air yang lebih maksimal dengan bottom time lebih lama dan dapat menjangkau hingga celah – celah tersempit di bawah air, sedangkan dari rescuer pos unit siaga SAR toboali mengusulkan pengadaan Rigid Inflatable Boat dikarenakan wilayah selatan dan timur toboali sangatlah jauh dari jangkauan apabila menggunakan Rubber Boat.

Setelah melakukan tatap muka dengan para pegawai Kantor Pencarian dan pertolongan Pangkalpinang rombongan kembali melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi Kapal KN SAR KARNA DAN RB 201 Bangka Belitung. kunjungan tersebut untuk melihat kondisi ALUT yang dimiliki Basarnas.


Selanjutnya rombongan kembali ke Bandara Depati Amir untuk melanjutkan kunjungan kerja ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Pontianak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.