Tegas dan Rasional

Kelola Arisan Bodong, Ibu Rumah Tangga di Toboali Diciduk Polisi

0 2,528

TerabasNews, Toboali – Seorang ibu rumah tangga (IRT) berinisial SAR (41 tahun) ditangkap Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bangka Selatan.

Tersangka yang merupakan warga Jalan Ampera Kecamatan Toboali diamankan lantaran diduga melakukan penipuan arisan bodong.

Tersangka diamankan Satreskrim Polres Bangka Selatan di kediamannya di Jalan Ampera Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan pada Rabu (19/1/2022) kemarin sekitar pukul 16.00 WIB.

Kasat Reskrim Polres Bangka Selatan, AKP Chandra Satria Adi Pradana seizin Kapolres AKBP Joko Isnawan menjelaskan, tersangka melakukan penipuan berkedok arisan kepada korban Rosmi alias Cik Ros (57 tahun).

“Tersangka ini menawarkan secara bertahap dengan berbeda hari, bulan dan berbeda nominal arisan kepada si korban dengan total sebanyak 11 nomor arisan dengan bukti pembelian berupa 11 kwitansi yang diberikan oleh si penjual nomor arisan (tersangka SAR) kepada korban,” kata AKP Chandra, Kamis (20/1/2022).

Ia mengatakan, dari 11 nomor arisan tersebut diketahui dan diakui oleh tersangka tidak ada arisannya atau bodong.

“Dari 11 pembelian nomor arisan tersebut, hingga saat ini belum ada satu pun nomor arisan yang dibayarkan oleh tersangka, dan tersangka mengakui jika nomor arisan serta arisan tersebut tidak ada,” ujarnya.

Chandra mengungkapkan, akibat dari kejadian tersebut korban mengalami kerugian uang sebesar Rp. 45.000.000, dan melaporkan kejadian tersebut ke Polres Bangka Selatan.

“Jadi dari laporan tersebut, tersangka ini kita amankan di kediamannya dengan didampingi oleh Unit PPA dan orang tua pelapor. Saat ini terduga pelaku dibawa ke Mapolres Bangka Selatan guna pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya.

Atas perbuatannya, kata Chandra tersangka disangkakan dengan pasal 378 tentang penipuan dengan ancaman maksimal 4 tahun.

“Untuk barang bukti yang diamankan 11 buah kwitansi yang digunakan sebagai bukti jual beli nomor arisan,” ujarnya. (rus)

Leave A Reply

Your email address will not be published.