Tegas dan Rasional

Babinsa Koramil 04/Meureubo Menjadi Pelopor Pembersihan Lingkungan Jelang Ramadhan

0 19

TerabasNews, Aceh Barat – Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah yang tinggal beberapa hari lagi, Babinsa Koramil 04/Meureubo Kodim 0105/Abar Serma Hermansyah bersama masyarakat melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan Desa Meureubo Kecamatan Meureubo, Rabu (7/4/2021)

Gotong royong membersihkan lingkungan sudah menjadi tradisi yang berlangsung secara turun temurun bagi umat muslim, khususnya warga Desa Meureubo dalam setiap momen menyambut bulan suci Ramadhan.

“Bulan Suci Ramadhan tidak lama lagi, jadi kami melakukan gotong royong bersama Bapak Babinsa agar Desa tampak lebih bersih dan indah. Jelang Ramadhan tidak hanya membersihkan diri, akan tetapi perlu juga membersihkan lingkungan sekitar tempat tinggal”, celoteh salah seorang warga yang turut ikut bergotong royong

Gotong royong ini membidik sasaran pembersihan sektor kanan – kiri jalan dan pelaksanaannya dipelopori atau diinisiasi oleh Babinsa Koramil 04/Meureubo.

“Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab kita bersama, selain itu, ini juga merupakan salah satu bentuk kepedulian dan semangat kegembiraan dengan datangnya bulan suci Ramadhan. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW yang artinya, Barang siapa yang bergembira dengan datangnya bulan suci Ramadhan, maka Allah SWT mengharamkan jasadnya masuk neraka. Disamping itu, kebersihan juga sebahagian dari pada iman”, ucap Serma Hermansyah penuh religius

Tak sampai disitu, Serma Hermansyah menambahkan, kegiatan ini juga bisa menyulutkan semangat solidaritas kebersamaan untuk tetap melestarikan budaya gotong royong yang dihadapkan pada era modernisasi seperti saat ini.

“Manfaat gotong royong tidak hanya meringankan beban dan lingkungan menjadi bersih semata, tapi lebih dari pada itu, kegiatan ini bisa juga meningkatkan bahkan mempererat jalinan silaturrahmi sesama warga yang jarang ketemu akibat disibukkan dengan aktifitas masing – masing. Jadi, dengan gotong royong pekerjaan menjadi ringan, lingkungan jadi bersih dan silaturahmi makin erat. Dan semua ini endingnya akan indah, karena ibadah puasa bisa berjalan dengan tenang, nyaman dan penuh kedamaian”, tutup Serma Hermansyah (**)

Leave A Reply

Your email address will not be published.