Tegas dan Rasional

Sebanyak 9 IKM Belitung Dapat Bantuan Kemasan Dari UPTD RPK Disperindag Babel

0 42

TerabasNews – Belitung – Sebanyak 9 IKM Potensial Kabupaten Belitung mendapatkan bantuan kemasan gratis dari UPTD Rumah Promosi dan Kemasan (RPK), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Bantuan berupa paket kemasan diserahkan secara langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung Abdul Fatah, kepada para pelaku IKM Belitung pada Senin Siang (15/2) di Gedung UPT PU Provinsi Babel, Tanjung Pandan Kabupaten Belitung.

Sebelum membagikan kemasan, Wagub Abdul Fatah mengawali arahanya dengan mengucapkan terima kasih kepada UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Babel karena telah membantu kemasan kepada IKM Belitung, dengan harapan bantuan yang diberikan dapat membantu memajukan IKM Belitung secara nasional maupun Global.

Melalui kemasan, Wagub berkeinginan IKM Bangka Belitung bisa naik kelas.

“Kita ingin melalui kemasan IKM naik kelas, mampu bersaing dengan di berbagai Provinsi di Indonesia,” kata Wagub.

Agar IKM naik kelas lajut Wagub, perlu melakukan peningkatan kualitas produk dan melakukan beberapa pembinaan dengan cara melakukan bimbingan teknis dan menyediakan tempat layanan usaha layanan terpadu, agar hasil produknya betul-betul berkulitas.

Selain itu dirinya berharap para pelaku IKM harus melek teknolgi agar hasil produknya mudah dipasarkan di media digital.

“Semoga IKM Belitung semakin maju baik di kancah nasional maupun global. Saya juga mengucapkan selamat kepada yang mendapatkan bantuan yang secara sadar dan aktif meningkatkan kemasanya agar lebih menarik,” katanya.

Menurutnya, fungsi kemasan atau pembungkus suatu produk sangat penting karena berpungsi sebagai daya tarik pembeli karena itu bentuk dan warna serta dekorasi sangat perlu di perhatikan dalam perencanaan sebuah produk.

Oleh karenanya dirinya mengajak para pelaku IKM untuk meningkatakan kemasanya, selain itu dirinya menghimbau dan berharapa IKM yang mau mendesain kemasanya agar menarik bisa mengunjungi Rumah Promosi dan Kemasan Babel.

“Saya mengharapkan bantuan ini menjadi pemantik pelaku IKM, sehingga dikemudian hari dapat memesan kemasan di UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Babel yang memiliki moto yang menarik yaitu Lebih Cepat, Lebih Baik dan Lebih Fleksibel,” Ujar Wagub.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel Sunardi menjelaskan bahwa bantuan kemasan sebelum dilaksanakan di Belitung, telah lebih dulu dilaksanakan di pulau Bangka, di pulau Bangka dilaksanakan di halaman UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Babel, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Babel.

Penyerahan bantuan kemasan lajut Sunardi, sudah dilakukan dengan mengundang sejumlah pelaku IKM Kabupaten dan Kota, dengan rincian IKM yang dibantu diantaranya, 7 Kota Pangkalpinang, 7 Kabupaten Bangka, 8 Kabupaten Bangka Tengah, 8 Bangka Barat, 4 Kabupaten Bangka Selatan, dan untuk Kabupaten Belitung sebanyak 9 IKM.

Menurut Sunardi, tujuan dari pembagian bantuan kemasan ini tidak lain untuk memotivasi para pelaku IKM agar selalu semangat dalam melakukan produksi di masa pademi virus corona atau Covid 19 ini.

Selain itu, mengajak para pelaku IKM untuk mendesain kemasanya semenarik mungkin, agar menjadi daya tarik konsumen dalam membeli produk hasil IKM Belitung dan yang paling utama adalah memperkenalkan kehadiran UPTD RPK Disperindag Babel dalam mendesain dan mencetak kemasan.

Kehadiran UPTD RPK kata Dia, nantinya dapat berperan dalam mendorong pengembangan standarisasi produk IKM Se Babel dan mendorong juga peningkatan kualitas dan daya saing produk daerah, tentunya hal itu sesuai arah kebijakan prioritas yang tertuang dalam RPJMD.

Menurutnya, kehadiran rumah promosi dan kemasaan juga untuk mempermudah para IKM dalam membuat kemasan, sehingga menjadi daya tarik bagi pembeli, sebab IKM sekarang ini menjadi prioritas pemerintah untuk mengerakan perekonomian di Babel. Oleh sebab itu dirinya berharap para pelaku IKM dapat memanfaatkan rumah promosi dan kemasan dengan sebaik baiknya, di masa pademi ini tinggal mendaptarkan diri di aplikasi SI KELASAN dengan alamat www.rumahkemasan.babelprov.go.(Mislam).

Leave A Reply

Your email address will not be published.