Tegas dan Rasional

Dandim Aceh Barat Pimpin Karya Bhakti Bersama Forkopimda Dan Masyarakat

0 43

TerabasNews – Aceh Barat – Guna menciptakan lingkungan bersih, sehat dan terlihat asri, Kodim 0105/Abar bersama unsur Forkopimda dan masyarakat melaksanakan gotong royong (karya bhakti) di seputaran Pantai Ujong Karang dan Kuburan Massal Tsunami bertempat di Desa Suak lndra Puri Kecamatan Johan Pahlawan, Jum’at (15/1/2021)

Karya bhakti Jum’at bersih kali ini dipimpin langsung oleh Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P dengan sasaran membersihkan Kuburan Massal Tsunami, kanan – kiri jalan dan parit – parit disekitar lokasi. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan Personel yang terdiri dari TNl – Polri, Dinas Kesehatan, Satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup (kebersihan), Dinas Sosial dan masyarakat.

Sebelum melaksanakan aksi bersih – bersih, terlebih dahulu dilakukan pengecekan atau apel yang diambil oleh Dandim dan dilanjutkan pembagian sektor sasaran.

Pada kesempatan tersebut, Letkol lnf Dimar Bahtera mengatakan, Kodim 0105/Abar dan Pemda berinisiatif mengajak masyarakat untuk bergotong royong membersihkan seputaran Pantai Ujong Karang terutama Kuburan Massal yang keberadaannya terkadang kurang di ketahui akibat terlalu semak.

“Gotong royong adalah ciri khas bangsa lndonesia yang bermanfaat sebagai sarana kebersamaan, persatuan dan tolong menolong serta untuk bersosialisasi dengan sesama. Melalui kegiatan ini bisa membangun kesadaran dan meningkatkan partisipasi peran serta masyarakat dalam memelihara kebersihan lingkungan. Gotong royong juga bisa membangun soliditas yang kokoh antara TNI dengan Polri, Pemda dan komponen masyarakat lainnya”, terang Dandim

Menurut orang nomor satu di Kodim Aceh Barat itu, disamping sebagai bentuk kepedulian akan kebersihan lingkungan, kegiatan ini juga merupakan upaya untuk mencegah berbagai penyakit termasuk wabah DBD (Demam Berdarah Dengue).

“Terwujudnya lingkungan yang sehat dan bersih tergantung dari masyarakat itu sendiri. Semuanya harus memiliki rasa peduli terhadap lingkungan, termasuk tidak membuang sampah sembarangan. Apabila suatu tempat bersih, maka tidak hanya terlihat indah akan tetapi suasana lebih terasa aman, nyaman, sejuk dan damai”, ungkap Dandim

Selain itu, Dandim juga mewacanakan akan merehab kembali bangunan lama yang telah usang dimakan waktu. Seperti halnya bangunan Korem lama, secara pelan – pelan akan diperbaiki sehingga kedepan tempat ini bisa dijadikan tempat permainan anak – anak atau destinasi wisata.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P, Sekdakab Marhaban SE, Asisten l Mirsal S.Sos, Kadinkes Syarifah Junaida SKM, Kadis DLH Mulyadi S.Hut, Kadissos Zakaria, Camat Said Azmi SE, Kasat Pol PP Azim NQ, Plh. Pasi Ter Kapten lnf Hendra Saputra, Danki C yonif 116/GS Lettu lnf Andika Tri Utama, Kapolsek AKP lswandi S.Sos M.Si, Pasi Ops Yonif 116/GS Letda lnf Reza Aksa dan masayarakat Suak lndra Puri.

Leave A Reply

Your email address will not be published.