Tegas dan Rasional

Dandim Aceh Barat Perkuat Mentalitas Pemuda MPTT – 1 Agar Lebih Berkarakter lslami

0 167

TerabasNews – Aceh Barat – Dalam agenda membangun penguatan karakter dan mentalitas pemuda agar lebih lslami, Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P memberikan pelatihan peningkatan kapasitas pemuda Majelis Pengkajian Tauhid Tasawuf (MPTT – 1) bertempat di SMAN 1 Meureubo Desa Paya Peunaga Kecamatan Meureubo, Senin (28/12/2020)

Sebagai nara sumber, Letkol lnf Dimar Bahtera menyampaikan materi tentang wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

Dandim menjabarkan, pembentukan karakter sejak dini merupakan unsur penting yang harus ditanamkan kepada pemuda sebagai estafet kepemimpinan masa depan. Melalui wawasan kebangsaan kiranya dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme bagi pemuda yang diiringi dengan nilai nilai Pancasila sebagai butir yang mencerminkan keimanan dan ahklak mulia, yaitu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Wawasan kebangsaan adalah cara pandang bangsa lndonesia mengenai diri serta lingkungannya untuk selalu mengedepankan persatuan dan kesatuan wilayah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Ditambah lagi keberagaman agama yang dimiliki, maka toleransi antar umat beragama dan penganut kepercayaan harus saling menghormati agar tercipta kehidupan yang harmonis”, ungkap Dandim

Khususnya bagi para pemuda generasi penerus bangsa, pada masa konsensus sekarang ini, ldeologi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal lka harus terus dijaga, dipelihara dan dilestarikan. Karena semua itu adalah fondasi segala arahan pembangunan nasional.

“Pembinaan ldeologi Pancasila dan cinta tanah air bisa menjadi strategi untuk merevolusi mental pemuda dalam memperkukuh ketahanan budaya bangsa dan membentuk mentalitas yang lebih maju, integritas dan berkarakter. Dengan memiliki identitas nilai nilai Pancasila yang berakar dalam, maka pemuda akan memiliki potensi beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia yang kuat”, tegas Dandim

Dandim juga mengajak Pemuda MPTT – 1, untuk terus mempelajari dan menjalankan ajaran lslam secara istiqomah agar tetap berada dalam koridor sesuai hadist Nabi.

“Agama islam sangat memberikan perhatian besar kepada upaya pembentukan dan perbaikan mental dan karakter para pemuda. Karena generasi muda hari ini adalah para pemeran utama di masa mendatang, dan pemuda adalah fondasi yang akan menopang tegak kokohnya NKRI”, pungkas Dandim dihadapan Pemuda Tasawuf. (**)

Leave A Reply

Your email address will not be published.