Tegas dan Rasional

Kodim 0105/Aceh Barat Gelar Latbakjatri TW lV Tahun 2020

0 32

TerabasNews – Aceh Barat – Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan kemampuan prajurit, Kodim 0105/Abar melaksanakan kegiatan Latihan Menembak Senjata Ringan (Latbakjatri) Triwulan lV TA 2020 di Lapangan Tembak Makorem 012/TU Alue Peunyaring Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat, Selasa (15/12/2020)

Menembak merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap Prajurit TNl, untuk itu Kodim Aceh Barat menggelar kegiatan Latbakjatri selama 2 hari yakni tanggal 15 s.d 16 Desember 2020 guna memelihara dan mengasah naluri tempur Prajurit khususnya dalam hal kemampuan menembak.

Pada kesempatan tersebut, bertindak selaku perwira koordinator latihan Letda lnf Desman melakukan pengecekan sekaligus memberikan arahan serta himbauan tentang tata tertib aturan yang berlaku selama melaksanakan kegiatan tak terkecuali untuk tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat masih masa pandemi Covid – 19.

“Utamakan faktor keamanan sebagai indikator keberhasilan dalam latihan. Selama pelaksanaan, pergeseran tetap bersikap disiplin dengan mematuhi setiap instruksi dari petugas yang sudah di tunjuk oleh Koordinator dan patuhi segala mekanisme yang telah di tentukan. Bagi para petembak ingat kembali tehnik tehnik dasar menembak, diantaranya sinkronisasi pengaturan nafas, tehnik bidik yang benar, tekan picu hingga pegangan teguh sehingga aplikasinya sasaran dapat di capai sesuai dengan harapan”, ujar Letda Desman

Sementara itu, Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P saat di konfirmasi mengatakan Latbakjatri ini dalam rangka mengasah kemampuan, keterampilan dan kesiapsiagaan Prajurit.

“Latihan menembak ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan secara periodik setiap tiga bulan sekali. Dimana, menembak merupakan kemampuan dasar yang harus dan mutlak di miliki oleh setiap Prajurit (perorangan), dan itu harus diasah serta di pelihara secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Sehingga kemampuanya tetap terpelihara bahkan meningkat. Meskipun berdinas dan bertugas di satuan kewilayaha, kemampuan menembak prajurit harus tetap terjaga, karena itu menjadi tuntutan profesionalisme TNI saat ini”, terang Dandim Dimar

Dandim juga memberikan penekanan, agar para peserta latihan dapat mengikuti dengan semangat, serius dan penuh rasa tanggung jawab sesuai tahapan latihan.

“Utamakan faktor keamanan selama pelaksanaan latihan dan ikuti setiap petunjuk dari Koordinator. Semua pergeseran perpindahan tempat atas petunjuk dan perintah dari Koordinator latihan. Setelah selesai latihan menembak, pembersihan dan pemeliharaan senjata harus selalu dilakukan, agar komponen senjata tidak aus dan dapat digunakan dalam jangka panjang”, pesan Dandim (**)

Leave A Reply

Your email address will not be published.