Tegas dan Rasional

Dandim Aceh Barat : Saat ini, Mematuhi Prokes Merupakan Vaksin Mutlak Cegah Penularan Covid – 19

0 36

TerabasNews – Aceh Barat – Latihan Penanggulangan Bencana Alam (Latgulbencal) yang dilaksanakan Kodim 0105/Abar memasuki hari keempat. Pada hari ini kegiatan latihan memasuki materi praktek driil teknis dan driil taktis dilapangan yang difokuskan pada simulasi sosialisasi pencegahan Covid – 19 dan operasi yustisi protokol kesehatan tertib masker, Kamis (10/12/2020)

Simulasi Latgulbencal hari keempat ini diikuti oleh anggota Kodim 0105/Abar, Denkesyah lM 04.02, Denzibang 1/lM, Denpom lM/2 Meulaboh, Polres dan Satpol PP. Sebelum melaksanakan aplikasi dilapangan, terlebih dahulu para peserta melaksanakan apel pagi di lapangan Makodim guna menerima instruksi dan materi teori praktis dari Kapten lnf Rahmad Edy sebagai penanggung jawab latihan.

Adapun sasaran sosialisai pencegahan Covid – 19 sekaligus pembagian masker di lakukan secara mobile ke tempat tempat yang ditengarai adanya kerumunan seperti TPI (Tempat Pelelangan lkan) dan pasar bina usaha kota Meulaboh. Sementara untuk operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan di gelar di Jalan Teuku Umar.

Dijelaskan oleh Komandan Kodim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera S.Sos M.A.P, bahwa kegiatan ini mensimulasikan pelaksanaan tugas dan tanggung jawab serta pergerakan unsur unsur pasukan dan instansi terkait beserta perlengkapannya yang terlibat dalam sosialisasi pencegahan Covid – 19 dan operasi yustisi penerapan protokol kesehatan mulai dari materiil dan personel, seperti keadaan sebenarnya.

“Kegiatan praktek ini untuk mendriilkan, membiasakan dan membisakan prajurit dalam rangka upaya penanggulangan bencana ataupun mencegah musibah (Covid – 19), sehingga kita tahu sambil mengevaluasi kebutuhan dan kekurangan serta apa yang perlu di perbaiki, di perbaharui ataupun di koreksi agar lebih memupuni”, terang Dandim

Sebelumnya, saat membuka Latgulbencal Dandim telah mengatakan bahwa kegiatan ini akan fokus pada penanganan Covid – 19, yang mana sebagai ancaman nyata dan hingga detik ini masih ada.

“Oleh karenanya, saya tekankan kepada peserta saat melakukan operasi yustisi harus disertai sanksi (lisan, tertulis, sanksi sosial atau nasehat) bagi pelanggar prokes terutama bagi yang tidak pakai masker, namun tetap dalam konteks edukasi untuk meningkatkan dan menyadarkan masyarakat untuk mematuhi prokes. Seperti pemakaian masker yang merupakan salah satu cara efektif mencegah potensi penularan Covid – 19. Saat ini vaksin yang mutlak adalah mematuhi protokol kesehatan”, tegas Letkol Dimar(**)

Leave A Reply

Your email address will not be published.