Tegas dan Rasional

Polres Purbalingga Jamin Personel Pengamanan Pilkada Tidak Terpapar Covid-19

0 39

TerabasNews – Jateng – Polres Purbalingga menjamin personel yang ditugaskan untuk pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020 mendatang tidak terpapar dari Covid-19. Hal itu disampaikan Kabag Ops Polres Purbalingga AKP Pujiono, saat rapat Pengamanan Pilkada di Ruang Pringgitan Pendopo Dipokusumo Purbalingga, Rabu (2/12/2020) siang

Kabag Ops menjelaskan bahwa pihaknya juga menyiapkan personel cadangan yang disiapkan mendukung pengamanan. Menurutnya petugas pengamanan sudah menjalani rapid tes dan swab jika menjelang hari H pemungutan suara hasil tes swabnya positif maka akan digantikan personel lainnya.

“Untuk pengamanan Pilkada, kami menyiapkan personel sebanyak 700 orang. Selain itu kami juga menyiapkan 78 personil cadangan yang sewaktu-waktu diterjunkan untuk mengganti personil yang reaktif atau hasil swab positif menjelang hari pemungutan suara,” ucapnya. 

AKP Pujiono menegaskan, pihaknya akan total mengamankan agenda politik Pilkada di Purbalingga untuk menjamin suksesnya kegiatan. Untuk personel cadangan juga bisa difungsikan sebagai pengganti petugas KPPS jika terjadi bencana atau keadaan darurat. 

“Kami juga mendapat personel Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Brimob, Kodim 0702 Purbalingga, Batalyon 406, Lanud JB Soedirman, Polresta Banyumas dan Polres Banjarnegara,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pasukan BKO dari Brimob sebanyak 25 orang akan disiagakan di Mapolres Purbalingga. Selain itu, 100 personel Kodim 0702, 30 personel Batalyon dan 30 personel Lanud bersiap di markas masing-masing. Sedangkan 30 personel dari Polresta Banyumas disiagakan di wilayah Bobotsari dan 30 personel dari Polres Banjarnegara disagakan di wilayah Bukateja. 

“Pasukan BKO ini siap sewaktu-waktu dikerahkan jika terjadi gangguan keamanan atau dibutuhkan sesuai situasi dan kondisi di lapangan,” pungkas Kabag ops.(HP/ny)

Leave A Reply

Your email address will not be published.