Tegas dan Rasional

Pengelolaan Sampah Plastik di Pantai Tanjung Tinggi Jadi Perhatian Khusus

0 72

TerabasNews – TANJUNG TINGGI – Sambil mendampingi agenda kerja Gubernur Erzaldi di Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Ketua TP PKK Melati Erzaldi sengaja pergi lebih awal dari tempatnya menginap untuk mengecek kembali perkembangan Pantai Tanjung Tinggi pascapandemi Covid-19 yang telah memasuki masa adaptasi kebiasaan baru, Senin (23/11/20).

“Ya Allah, Subhanallah setiap saya kembali ke sini, saya selalu berucap syukur,” ungkapnya lagi.

Hal ini menjadi PR besar bagi Ketua TP PKK Melati Erzaldi. Menurutnya, kawasan ini perlu menjadi perhatian khusus dalam pengelolaannya agar wisatawan merasa nyaman dan aman terlebih di era adaptasi kebiasaan baru mulai dari pedagang UMKM, hingga kebersihan dari sampah plastik.

Pada kesempatan ini, terlihat Ridwan, seorang warga Tanjung Tinggi yang melakukan aktivitas sehari-hari dengan mengumpulkan sampah plastik sisa kunjungan wisatawan.

Diakui Ridwan sampah plastik dikumpulkannya agar tidak terbawa ombak saat air laut pasang.

“Saya kumpulkan untuk siapa saja yang membutuhkan dan ingin dimanfaatkan kembali. Bahkan sesekali jika sudah terlalu banyak, saya jual dengan harga sewajarnya,” ungkapnya.

Ketua TP PKK Melati Erzaldi mengapresiasi atas gerakan yang dilakukan Ridwan secara mandiri.

“Saya akan bicarakan segera dengan pak kadesnya, agar gerakan bapak ini dapat didukung pemdes. Sayang sekali kawasan ini jika tidak terurus dengan baik,” ungkapnya.

Harapannya, melalui pemdes akan terbentuk sistem pengelolaan yang lebih baik, terlepas dari kawasan ini milik pribadi yang mungkin bisa dikelola warga setempat dengan fasilitas umum yang sangat membantu kenyamanan dan keamanan para wisatawan. (nnd)

Leave A Reply

Your email address will not be published.