Tegas dan Rasional

Sajadah Fajar di Muntok, Gubernur Erzaldi Ingatkan Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

0 5

MUNTOK, Terabasnews – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, Senin (19/10/20) pagi, melaksanakan kegiatan Sajadah Fajar di Masjid Ar Rahman, Kampung Daya Pal 4, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat. 

Gubernur Erzaldi memulai kegiatan sajadah fajar dengan salat Subuh berjemaah bersama masyarakat setempat. 

Dalam sambutannya, Gubernur Erzaldi mengingatkan masyarakat jemaah Masjid Ar-Rahman untuk disiplin dalam  melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 khususnya di Muntok, Bangka Barat ini. Sebagai lokasi pelabuhan, Muntok mempunyai tantangan besar karena, menjadi pintu keluar masuknya Bangka Belitung. Pelaksanaan protokol kesehatan mutlak dilaksanakan, mengingat belum adanya vaksin. 

Terkait menurunnya ekonomi dunia dari dampak yang ditimbulkan karena pandemi ini, Gubernur Erzaldi menjelaskan bahwa hal itu bisa diatasi, dengan kembali pada diri sendiri dalam menjalankan protokol kesehatan. 
Secara nasional, sektor yang optimal untuk meningkatkan dan mengembalikan perekonomian rakyat dampak pandemi Covid-19 adalah sektor pertanian. Oleh sebab itu, pihaknya mendorong masyarakat untuk menanam komoditi porang dengan memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah. 

Selain mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, tanaman porang dapat dipanen dalam waktu yang relatif singkat. Tanaman porang dapat dimanfaatkan sebagai bahan olahan produk makanan, kosmetik, dan obat-obatan. Dalam pengajuan KUR saat ini juga telah dipermudah, tanpa jaminan untuk pinjaman di bawah lima puluh juta rupiah.

Dengan upaya mendorong ekonomi dan pelaksanaan protokol kesehatan ini, Gubernur Erzaldi yakin musibah ini akan segera dilalui. Melalui pelaksanaan sajadah fajar di Masjid Ar-Rahman ini, diharapkan silaturahmi yang terjalin semakin kuat.

Dalam tausiah, penceramah sekaligus Pjs. Bupati Bangka Barat, Sahirman menyampaikan, setiap aktivitas yang kita lakukan merupakan sebuah ibadah bila diawali dengan doa. Termasuk peran masyarakat dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) karena, akan menentukan pemimpin kita di masa mendatang. 

Pjs. Bupati Bangka Barat, Sahirman juga mengingatkan, bahwa masjid adalah rumah Allah Swt yang harus selalu dipenuhi ketika waktu azan berkumandang. Kita juga harus selalu berkomitmen bahwa salat dan ibadah karena, hidup dan mati kita hanya untuk Allah SWT.

Dalam kegiatan ini Gubernur Erzaldi juga menyerahkan bantuan hibah Gubernur Kepulauan Bangka Belitung kepada Lembaga Masjid Ar-Rahman Kampung Daya Baru Pal 4 Kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat Tahun 2020 sebesar Rp 145.000.000 untuk pembangunan masjid.

Ikut hadir dalam sajadah fajar di Kabupaten Bangka Barat ini, Kepala Biro Kesejahteraan Sekretariat Daerah Babel, Saimi; Plt. Sekretaris Daerah Bangka Barat, Hartono; Kepala Biro Kessejahteraan Bangka Barat; Ketua Masjid Ar-Rahman; tokoh agama; dan tokoh masyarakat setempat.(hend)

Leave A Reply

Your email address will not be published.