Tegas dan Rasional

Bersama Tim Survei, Gubernur Erzaldi Persiapkan Pengembangan 3 Titik Pelabuhan

0 19

TerabasNews – PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman memberi arahan kepada tim dari Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang akan melakukan survei pembangunan dermaga kapal di Pulau Lepar, Pongok dan Pulau Seliuk. Pertemuan ini dilaksanakan di Ruang Kerja Gubernur Kepulauan Babel, Kamis (15/10/20).

Dengan pembangunan tiga titik pengembangan pelabuhan, untuk Pulau Lepar, Pongok dan Pulau Seliuk setidaknya mampu menampung kapal Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) untuk melakukan penyeberangan.

Dengan potensi yang sangat bagus, mulai dari pesisir bagian selatan Pulau Bangka melewati pulau-pulau kecil hingga masuk wilayah Kabupaten Belitung yang kaya akan wisata pesisir, wilayah ini juga merupakan rencana kawasan industri, serta tambak udang yang sangat membutuhkan aktivitas pelabuhan.

Dengan beberapa pertimbangan, dianggap perlu konektivitas yang baik untuk angkutan kapal ASDP karena, ASDP mampu memuat barang yang lebih banyak, kendaraan besar yang dapat memuat barang lebih banyak. Hal ini, akan membuka peluang-peluang ekonomi khususnya masyarakat lokal.

Diketahui pulau-pulau ini dihuni penduduk yang cukup banyak, sehingga diharapkan ketika pembangunan konektivitas semakin baik maka, daerah-daerah ini akan segera berkembang.

Dinas Perhubungan Babel sendiri, akan segera memulai dari pengembangan pelabuhan Pulau Seliuk dan tahapan survei di dua pulau lainnya.

Dalam rapat, Gubernur Erzaldi menjelaskan titik-titik yang menjadi target pembangunan pengembangan pelabuhan yang dimaksud secara detail yang mengacu pada peta Provinsi Kepulauan Babel.

“Saat ini, potensi atas Kawasan Industri Sadai dan tambak udang membutuhkan dukungan pelabuhan, selain itu, masih banyak potensi lain di pulau-pulau yang bisa dikembangkan seiring berjalan pembangunan fasilitas pendukungnya,” ungkap Gubernur Erzaldi. (nnd)

Leave A Reply

Your email address will not be published.