Tegas dan Rasional

Gubernur Erzaldi Kukuhkan Pengurus IBI Provinsi Kepulauan Babel

0 28

TerabasNews – PANGKALPINANG – Gubernur Erzaldi mengukuhkan Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masa bakti Tahun 2018-2023 di Hotel Bangka City hari ini, Jumat (2/10/2020).

Dalam sambutannya Gubernur Erzaldi mengatakan bidan mengemban tugas mulia serta garda terdepan dalam mengawal kesehatan ibu dan anak.

“Tugas yang sangat mulia, tapi banyak juga yang belum paham dan menghargai profesi bidan, ini jadi tantangan kita. Tantangan bidan sangat luar biasa karena bertanggung jawab atas nyawa hidup ibu sekaligus bayinya” ujar Gubernur Erzaldi.

Selanjutnya, Gubernur Erzaldi memotivasi bidan-bidan yang hadir untuk tidak berkecil hati dan tetap bersemangat dalam menjalankan tugasnya.

“Saya berharap ibu-ibu dapat menjalankan tugas dalam memberikan pelayanan yang profesional karena hal tersebut juga dapat mengubah paradigma masyarakat pada bidan. Selalu bersedia meningkatkan kompetensi dan senantiasa bekerja dengan tulus ” ujarnya.

Beliau menuturkan beberapa waktu lalu semasa pandemi Covid-19, masih banyak bidan yang belum dilengkapi Alat Pelindung Diri (APD) saat membantu proses persalinan.

“Hal ini menjadi perhatian kami, oleh karena itu melalui Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi telah memberikan bantuan perlengkapan APD kepada bidan-bidan yang bertugas di 7 kab/kota,” ujarnya lagi.

Dirinya juga mendorong melalui pengukuhan ini, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di Provinsi Kepulauan Babel dapat meningkatkan kesehatan masyarakat terutama kesehatan ibu dan anak di Babel.

“Pemerintah berharap organisasi IBI secara rutin melakukan aksi sosial gratis di beberapa daerah yang kondisi kesehatannya masih tergolong rendah serta sarana dan prasarana kesehatannya minim.

Dengan pengukuhan ini, bidan lebih berjaya dan bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Gubernur.

Sementara itu Ketua IBI terpilih, Nurita mengatakan IBI sudah menyusun program-program prioritas dalam meningkatkan kompetensi serta program aksi sosial rutin ke tiap Kabupaten dan Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Anggota IBI di Babel yang sudah terdaftar berjumlah 1729 orang, dan secara berkala kami akan memberikan pelatihan-pelatihan dan bersama-sama turun ke masyarakat untuk memberikan sosialisasi kesehatan ibu dan anak juga melakukan penanganan kasus kesehatan di masyarakat dan target kita bisa menurunkan tingkat kematian ibu dan anak” ujar Nurita.

Kegiatan dihadiri oleh kurang lebih 300 perwakilan bidan dari 7 kab/kota, perwakilan dari Dinas Kesehatan juga tamu undangan terkait lainnya.

Adapun nama ketua, sekretaris, wakil ketua serta bendahara Pengurus Daerah IBI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berdasarkan SK Pengurus Ikatan Bidan Indonesia Pusat Nomor : 075 /SKEP/PPIBI/I/2020 hari ini yakni :

Ketua : Nurita SST,M.Kes
Sekretaris : Wiwik ,Am.Keb.M.Kes
Wakil Ketua I : Kartini, Am.Keb
Wakil Ketua II: Sri Hartati, Am.Keb
Bendahara : Fitria C SST, M.Kes

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan kegiatan seminar sehari dengan tema ” Selamatkan Kehamilanmu Menuju Generasi Sehat dan Cemerlang” dengan narasumber dr.Yoza Firdaoz, SpOG.. (Im)

Leave A Reply

Your email address will not be published.