Tegas dan Rasional

Ibu Melati Monitoring Pemberian Makanan Tambahan Sekaligus Edukasi Protokol Covid-19

0 91
Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi

TerabasNews – TANJUNG BATU ITAM – Menutup kunjungan kerja hari pertama di Pulau Belitung, Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi, melakukan monitoring dan evaluasi program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) berbasis pangan lokal di Desa Tanjung Batu Itam, Kecamatan Simpang Pesak, Kabupaten Belitung Timur, bertempat di Gedung Serba Guna Desa Tanjung Batu Itam, Selasa (25/8/20)

Selain monitoring program PMT, Ketua TP PKK Melati Erzaldi, bersama Dinas PMD Babel, juga memberikan edukasi kepada masyarakat yang hadir terkait pelaksanaan protokol kesehatan dalam rangka pencegahan Covid-19.

Dijelaskan Ketua TP PKK Babel, pemberian makanan tambahan kepada balita, ibu hamil, dan menyusui selama 24 hari ke depan merupakan program untuk mengintervensi tingkat stunting.

Diharapkan selama 24 hari itu para ibu-ibu dapat mempelajari tentang cara pengolahan makanan yang murah dan berbahan lokal menjadi makanan yang enak, bernutrisi, dan bergizi. Sehingga dengan mudah dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua TP PKK Melati Erzaldi juga mengapresiasi langkah yang diambil oleh pemdes setempat yang sebelumnya melaksanakan program serupa. Semua itu diharapkan dapat menghilangkan angka stunting khususnya di Bangka Belitung.

Ibu Melati, pada kesempatan yang sama juga memberikan pemahaman tentang pentingnya pelaksanaan protokol kesehatan. Pemakaian masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak aman satu dengan yang lain akan mengurangi resiko penularan Covid-19.

Covid-19 tidak terlalu fatal bagi yang mempunyai imunitas atau daya tahan tubuh yang kuat. Akan tetapi, bagi yang mempunyai riwayat sepuluh penyakit rentan akan memberikan akibat fatal hingga kematian. Oleh sebab itu, penting untuk menerapkan protokol kesehatan.

Terkait pemakaian masker, KetuaTP PKK Babel menjelaskan bahwa untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, pihaknya mempunyai program “Gebrak Masker” yaitu Gerakan Bersama Memakai Masker.

Penggunaan masker diyakini akan mengurangi resiko penularan Covid-19 hingga 70 persen.

“Dengan memakai masker, saya melindungi kamu dan kamu melindungi saya,” ungkapnya.

Di akhir kegiatan, Ketua TP PKK Melati Erzaldi menyerahkan secara simbolis makanan tambahan berbasis pangan lokal kepada perwakilan ibu hamil, menyusui, serta, balita.

Sementara itu Kepala Desa Tanjung Batu Itam, Zulfian menyampaikan terima kasih atas program PMT kepada TP PKK Babel. Dengan anggaran dana desa setempat, pihaknya juga telah melaksanakan kegiatan serupa selama dua bulan terakhir.

Ikut hadir dalam kegiatan ini Kepala DPMD Babel yang diwakili oleh Jimmi Sofyan, Pengurus TP PKK Babel, Ketua TP PKK Kabupaten Belitung Timur yang diwakili oleh Sekretaris PKK Ira Apriliana, Ketua TP PKK kecamatan dan Desa Tanjung Batu Itam, serta para kader PKK. (Ll)

Leave A Reply

Your email address will not be published.