Tegas dan Rasional

Antisipasi Kebakaran, Damkar Bangka Selatan Tetap Siaga, 3 Unit Mobil Pemadam Selalu Siap

0 2,629

TerabasNews, Bangka Selatan- mengingat di penghujung di musim kemarau yang membuat cuaca menjadi Ekstrim dan panas di sertai angin kencang dapat menjadi ancaman bagi masyarakat, selain ancaman kekeringan, kemarau kerap memicu terjadinya kebakaran hutan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan sigap dalam menindaklanjuti laporan masyarakat terkait halnya kebakaran.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Penanggulangan Bencana Kabupaten Bangka Selatan, Gatot Wibowo mengatakan, Pihaknya akan terus berupaya maksimal dalam menindaklanjuti laporan masyarakat.

“Sebagai Dinas yang menangani penanganan akibat dari musim kemarau termasuk kebakaran kita sudah melakukan mitigasi seperti tahun-tahun sebelumnya. Beberapa daerah yang memang rawan terjadi kebakaran sudah kita mitigasi,” kata Gatot, saat di temui di Toboali (21/8/2024).

Meskipun kondisi yang kurang maksimal pihaknya tetap siaga menjalankan tugas. Himbauan pun telah dilakukan, termasuk himbauan secara tertulis sudah kita lakukan kepada seluruh pihak agar menjaga kondisi untuk tidak memicu terjadinya kebakaran hutan, baik secara offline maupun online.

Lanjut Gatot menjelaskan, walaupun dengan kondisi tidak optimal karena dari enam yang kita punyai satu untuk mobil suplai sedang bermasalah, lima damkar nya dua bermasalah, tiga yang bisa beroperasional itu pun satu yang Fuso 6000 liter sedang bermasalah, tapi sudah kita upayakan di bengkel,” bebernya.

“Ia mengatakan, Kesiapan personel, dikatakan Kasat gagah ini, Damkar Bangka Selatan mempersiapkan dua regu jaga, untuk 2 kali sip masing-masing 12 orang yang selalu standby di pos Damkar Bangka Selatan. ” Ungkap Gatot

“Tahun 2024 ini sudah belasan kali terjadi kebakaran hutan. Daerah rawan pun telah di petakan setidaknya terdapat 3 wilayah di Bangka Selatan yang rawan terjadi kebakaran. Toboali, Air Gegas, Payung, memang tidak kita ekspose secara luas.” Pungkasnya, ( Andi )

Leave A Reply

Your email address will not be published.