Tegas dan Rasional

Pj Ketua TP PKK Babel Ajak Pelajar Gali Potensi dan Berinovasi

0 2,758

TerabasNews, PANGKALPINANG – Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Kepulauan Bangka Belitung Safriati Safrizal memberikan arahan dalam Kegiatan Bimbingan Teknis Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) dan Digital Marketing di UPTD Balai Latihan Koperasi UKM Kep. Babel di Komplek Perkantoran Gubernur Air Itam, Rabu (14/8/2024) pagi.

Dalam arahannya di hadapan 60 pelajar SMA/SMK , Safriati mengajak agar para peserta sebagai generasi muda, calon pemimpin di masa depan dan calon pengusaha sukses, agar dapat terus menggali potensi dan selalu berinovasi untuk memajukan UMKM di Kepulauan Bangka Belitung.

“Bagaimana kalian sekarang mencoba untuk berinovasi, marilah kalian menjelajah, searching sebanyak-banyaknya terkait dengan produk atau potensi yang ada di Kepulauan Bangka Belitung. Jadi manfaatkanlah gadget kalian ini, handphone untuk digital marketing agar membawa keberkahan bagi kalian,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, banyak potensi lokal yang masih bisa dikembangkan dan bisa menjadi produk bernilai jual tinggi. Harapannya produk ini bisa ditargetkan untuk dipasarkan ke pasar internasional. Contohnya seperti lokan. Jika dijual di Korea, lokan dihargai perkilo nya mencapai Rp500.000 namun di Bangka Belitung hanya berkisar Rp.40.000.

Bahkan ada juga yang memanfaatkan mengolah tumbuhan liar yag seperti tanaman nanas di tepi pantai menjadi produk yang bernilai jual.

“Melalui kegiatan ini di dorong untuk bisa berinovasi melalui HaKI bagaimana nanti produk kalian itu akan dilindungi,” katanya.

Ia juga menjelaskan, saat ini dimana dunia berada dalam genggaman yakni gadget/handphone yang kita miliki saat ini bisa membawa kita melihat dunia, mencari berbagai hal termasuk memasarkan produk-produk kita melalui digital marketing.

Dalam arahannya, Safriati juga menghimbau untuk menggalakkan, mencintai produksi dalam negeri.

“Ayo kita sama-sama mencintai produk dalam negeri, cintai makanannya, kemudian marilah kita berinovasi, dari makanan-makanan yang sudah ada sekarang kita tingkatkan lagi rasanya, varian dan sebagainya,” jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini, para peserta dapat setingkat lagi lebih maju dari keadaan saat ini.

“Mudah-mudahan kalian ini juga bisa menjadi duta dari sekolahnya masing-masing, Insyaallah mudah-mudahan nanti beberapa tahun lagi kalian semua akan menjadi pengusaha-pengusaha muda di Bangka Belitung ini,” pungkasnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Riza Aryani mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan ulang tahun UMKM dan Semarak HUT Ke 79 Kemerdekaan RI Tahun 2024.

Penulis: Lisia Ayu
Foto: Natasya
Editor: Aliyah

Leave A Reply

Your email address will not be published.