Tegas dan Rasional

Lomba Kebersihan Tingkat RT Sekecamatan Belinyu, Picu Masyarakat Berperilaku Hidup Bersih dan Sehat.

0 2,578

TerabasNews, Belinyu – Untuk menciptakan suatu lingkungan yang bersih dan bebas sampah, tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tentunya hal tersebut harus di dukung dengan kesadaran masyarakat, dalam berperilaku hidup bersih dan sehat.

Salah satu upaya pemerintah khususnya kecamatan Belinyu, untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat yaitu dengan mengadakan lomba kebersihan tingkat RT Sekecamatan Belinyu, mengusung tema ” Belinyu Bersih Berjuang Bebas Sampah.” dengan hadiah utama 10 juta rupiah.

Lurah Kelurahan Kuto Panji, Mustofa didampingi sekretaris kelurahan saat meninjau kegiatan gotong royong di Jalan Air Kacip RT.01 Lingkungan 07, Selasa (13/08/24), mengatakan bahwa tujuan utama lomba kebersihan ini adalah guna menciptakan lingkungan yang bersih ditiap RT maupun di lingkungan rumah masyarakat itu sendiri.

” Kalau ingin wilayah kita ini bersih dan bebas sampah, tentunya harus di mulai dari masyarakat itu sendiri. Intinya tugas kita baik ketua RT, Kaling adalah bagaimana menumbuhkan kesadaran masyarakat agar terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat. ” katanya.

Mustofa menjelaskan,
setidaknya ada empat kriteria yang masuk kategori penilaian, yaitu kebersihan lingkungan, inovasi RT terhadap pemanfaatan atau pengelolaan sampah dari yang tidak berguna menjadi sesuatu yang bernilai. Selain itu juga di RT tersebut juga harus ada fasilitas tempat pembuangan sampah. Dan yang keempat adalah lingkungan RT yang berperilaku hidup bersih dan sehat.

” Kita berharap dengan adanya lomba ini masyarakat akan sadar dan terpicu untuk menciptakan lingkungan yang bersih serta inovatif dengan berbagai kereasi dari sampah rumah tangga yang tidak terpakai.” ujarnya

Untuk RT.01 Lingkungan 07, secara pribadi Mustofa memberikan points 7 untuk kebersihan dan angka 9 untuk kekompakan.

” Kami memberi angka sembilan untuk kekompakan dan kegotongroyongan masyarakat RT 01 Lingkungan 07, mudah mudahan masyarakat disini tetap kompak sehingga dapat tercipta lingkungan yang bersih dan sehat ” pungkasnya.

Kepala Lingkungan 07, Amir di dampingi ketua RT.01, Junaidi tak lupa menghaturkan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat Jalan Air Kacip dan sekitarnya yang telah meluangkan waktu dan tenaganya.

(Herman)

Leave A Reply

Your email address will not be published.