Categories: Bangka Tengah

Upaya Akselerasi Kesejahteraan Sosial, Pemkab Bateng Jalin Kesepakatan dengan Baznas

TerabasNews, Koba – Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Desa (Dinsos-PMD) Kabupaten Bangka Tengah bekerja sama dengan Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Setdakab Bangka Tengah dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka Tengah menggelar kegiatan optimalisasi peran relawan sosial bersama Baznas Bateng dalam upaya akselerasi penanganan masalah kesejahteraan sosial di Kabupaten Bangka Tengah, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Bateng, Jumat (20/09/2024).

Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh relawan sosial, yakni Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di Kabupaten Bangka Tengah ini digelar dalam rangka menyamakan pemahaman yang tertuang dalam nota kesepakatan bersama antara Dinsos-PMD Bateng, Kesra Bateng, dan Baznas Bateng.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman menyampaikan kesepakatan ini dibuat berdasarkan keperluan dan pertimbangan yang terjadi di lapangan.

“Selama ini Baznas Bateng mengalami kesulitan untuk mendapatkan informasi terkait permohonan bantuan, seperti identitas pemohon yang benar tervalidasi sesuai kondisi. Untuk itu, hari ini kita duduk bersama di sini mengajak relawan sosial membangun percepatan informasi akan data tentang masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan, karena teman-teman PSK dan TKSK yang lebih paham akan hal itu, bantuan teman-teman dalam hal ini sangat diperlukan oleh Baznas Bateng,” ungkap Algafry.

Selanjutnya, Algafry berharap kesepakatan ini terus berlanjut nantinya.

“Jika ini efektif, kami akan merekomendasikan Baznas Bateng untuk melakukan MoU kepada Pemkab Bateng agar kerja sama ini lebih terikat sehingga para relawan sosial bisa dengan maksimal melakukan kewajiban dalam menangani kesejahteraan sosial,” ucap Algafry.

Bupati Bangka Tengah juga berpesan kepada relawan sosial agar tetap ikhlas dan sabar dalam menangani berbagai macam karakteristik pemohon bantuan.

“Jangan berhenti berbuat kebaikan, karena kita tidak tahu doa apa yang orang panjatkan di setiap malam atas perbuatan kita,” tuturnya.

Senada dengan Algafry, Kepala Baznas Bateng, Hasyim Sya’roni mengatakan hadirnya PSM dan TKSK sangat membantu meringankan tugas Baznas dalam menjangkau pemohon bantuan yang sangat membutuhkan.

“Atas bantuan dan kerja sama PSM dan TKSK dalam melakukan verifikasi dan validasi data pemohon bantuan, Baznas Bateng akan memberikan tanda terima kasih berupa insentif dengan jumlah Rp300.000,- per triwulan. Jangan dilihat dari nilainya, tapi niatkan untuk ikhlas membantu orang yang membutuhkan,” ujar Hasyim.

Semantara itu, Sumanti (43) yang telah bekerja menjadi PSM di Kelurahan Dul selama 3 tahun menyampaikan terima kasih kepada Bupati Bateng dan Baznas Bateng terkait pemberian intensif ini.

“Adanya insentif ini membantu memudahkan mobilitas kami dalam melakukan verifikasi dan validasi data pemohon bantuan, dan kami juga semakin semangat. Semoga kerja sama ini terus terjalin,” kata Sumanti.

Turut hadir dalam kegiatan ini, yakni Kepala Bagian Kesra Setdakab Bateng dan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Kemisikinan Dinsos-PMD Bateng.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah
[27/9, 13.21] Om Boy: Bupati Bateng Resmikan Ponpes UBA Yayasan Arraisyah Alhams Center

KOBA – Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman meresmikan gedung Pondok Pesantren (Ponpes) Utsman Bin Affan (UBA), yang beralamat di Jl. Air Merah Ling 1, Kelurahan Arung Dalam, Jumat (20/09/2024).

Ponpes Utsman Bin Affan merupakan Ponpes di bawah naungan Yayasan Arraisyah Alhams Center dengan jenjang Pendidikan Sekolah Dasar Al-Qur’an, SMP, dan SMA. Ponpes UBA mengedepankan nilai-nilai islam dalam pembelajaran sesuai Al-Qur’an dan Assunnah serta bertujuan mencetak generasi qurani yang berakhlak mulia, cerdas, mandiri serta bermanfaat bagi agama, bangsa, dan negara.

Algafry Rahman merasa bersyukur dirinya bisa hadir kembali bersama Yayasan Arraisyah Alhams Center dalam kegiatan peresmian Ponpes Utsman Bin Affan. Ia juga berharap apa yang sudah direncanakan Yayasan Arraisyah Alhams Center ini bisa bermanfaat untuk masyarakat terutama di Bangka Tengah.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah saya mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Arraisyah Alhams Center yang telah membangun pesantren di wilayah Bangka Tengah khususnya di Koba. Sebelumnya yayasan ini juga membangun PAUD Arraisyah, semoga apa yang sudah dicita-citakan Allah Swt kabulkan dan mudahkan segala urusannya,” ucapnya.

Dikatakan Algafry bahwa pemerintah daerah akan bergandengan tangan dengan yayasan untuk memberikan kontribusi pada masyarakat. Ia berharap yayasan bisa terus tetap eksis dan bersemangat berinovasi mengembangkan hal-hal yang baru.

“Kami dari pemerintah daerah sangat mendukung untuk kelancaran dalam segala proses yang akan dilalui, baik mulai dari perizinan hingga nanti proses belajar mengajar di ponpes ini,” jelasnya.* Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah

TerabasNews

Recent Posts

Yuri Kemal Sampaikan Pentingnya Menjaga Integritas Proses Hukum dan Komitmen Untuk Melaksanakan Pilkada

TerabasNews, BELITUNG – Calon Wakil Gubernur Bangka Belitung nomor urut satu, Yuri Kemal Fadlullah, menyampaikan…

2 hours ago

Ribuan Peserta Ikuti Lomba TNI Babel RUN dalam Rangka HUT TNI ke -79

TerabasNews - Ribuan pelari ikuti lomba TNI Babel RUN bertempat di Makorem 045/Gaya, Minggu (28/10/2024).…

2 hours ago

Jika Terpilih Erzaldi-Yuri Akan Sediakan Fasilitas Tranportasi Berupa Bus Gratis Bagi Pelajar

TerabasNews, PANGKALPINANG - Kabar baik kini hadir bagi seluruh para siswa-siswi yang ada di Provinsi…

23 hours ago

DLH Basel, Siapkan Mobil Angkut Sampah Dalam Kegiatan Gotong Royong di Pantai Toboali

TerabasNews, Bangka Selatan- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Selatan, Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selalu…

1 day ago

Pjs Bupati Basel, Kunjungi Langsung Benteng Toboali, Ini Yang di Sampaikan

TerabasNews, Bangka Selatan- Dalam Rangka Memperingati hari jadinya Kota Toboali ke 316, Pemerintah kabupaten Bangka…

1 day ago

Ulang Tahun Toboali ke 316, (Dishub) Basel, Ikut Serta Gotog Royong di Laut Nek Aji Toboali

TerabasNews, Bangka Selatan- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bangka Selatan ikut serta dalam melakukan kegiatan Gotong…

1 day ago