Tegas dan Rasional

Jalan Penghubung Desa Cambai Bukit Lesung Diresmikan

0 2,644

TerabasNews, BANGKA TENGAH – Jalan penghubung sepanjang 3,7 Kilometer serta lebar 4,5 meter yang menghubungkan Desa Cambai Kecamatan Pangkalan Baru, dan Bukit Lesung Kecamatan Namang di resmikan, Rabu (18/09/24).

Jalan penghubung tersebut diresmikan oleh Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman bersama Wakil Bupati Era Susanto dan stakeholder terkait, yang ditandai dengan pengguntingan pita peresmian oleh keduanya.

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengatakan, jalan penghubung ini cukup ramai dilintasi masyarakat, dan sebelum direkonstruksi kondisinya cukup mengkhawatirkan.

“Alhamdulillah hari ini sudah rampung rekonstruksinya dan kita resmikan, sebelum dilakukan rekonstruksi kondisi jalan ini sangat memprihatinkan, banyak lubang dan sisa lapen. Jadi jalan ini sudah layak diperbaiki,” jelasnya.

Lanjut Algafry, tentunya jalan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, dan membawa kebahagiaan bagi masyarakat yang merasakan manfaatnya.

“Banyak manfaat yang didapat dengan dibangunnya jalan ini. Selain bisa memperlancar lalu lintas antar desa, juga dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas berkebun, menjual hasil produksi perkebunan, memperlancar distribusi barang jasa, hingga memudahkan akses pelayanan dasar bagi masyarakat,” bebernya

Dikatakan Algafry, ia mengajak masyarakat sekitar untuk selalu menjaga dan memelihara jalan ini, sehingga jalan tetap terjaga dengan baik.

“Mari kita jaga bersama-sama, rutin melakukan pembersihan pada bahu jalan secara rutin agar bisa berfungsi lebih lama,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPUTRP) Kabupaten Bangka Tengah Rahmat Wibowo menambahkan, rekonstruksi jalan ini bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) Kelapa Sawit tahun 2023-2024 dengan anggaran sebesar Rp 8.051.990.000.

“Kemantapan awal jalan ini hanya sebesar 10,8%, kemudian dilakukan rekonstruksi jalan dan terdapat juga pembangunan Box Culvert sebanyak 6 titik, saluran sepanjang 600 meter, serta talud (dinding penahan tanah) sepanjang 200 meter,” kata Rahmat.

Selain itu, lanjut Rahmat, kegiatan pekerjaan lain yang dilaksanakan DPUTRP Bangka Tengah tahun 2024, ada di beberapa daerah lainnya di Bangka Tengah dengan total nilai anggi sebesar Rp 4.895.935.000.

“Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan, yaitu rekonstruksi/peningkatan jalan, pemeliharaan berkala/rehabilitasi jalan, pembangunan drainase sekunder, operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi,”pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.