Categories: Pemprov Babel

ERPEK Festival 2024, Di Ikuti 80 UMKM Dan 10 Instansi Perizinan UMKM.

TerabasNews, Pangkalpinan-Kegiatan pembukaan RPEKA Festival sangat meriah, karena di ikuti oleh 80 peserta UMKM yang berasal dari Provinsi Bangka Belitung dan 10 instansi perizinan produk UMKM di Babel, dimana acara itu diprakarsai oleh UPTD. Rumah dan Promosi Kemasan (RPK) Dinas Peridustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safrizal ZA, di dampingi Pj. Ketua PKK Provinsi Provinsi Bangka Belitung Safriati Safrizal, membuka secara resmi acara ERPEKA Festival UMKM 2024, dengan melakukan pemukulan gong sebanyak tiga kali, pada, Kamis malam (1/8) di Taman Wilhelmina Kota Pangkalpinang, Babel.

Di hadiri Pj. Sekda Babel, Pj. Walikota Pangkalpinang, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung Tarmin, AB, Ketua PKK Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Babel, Sekdis Disperindag Babel, Kepala OPD Provinsi,Kabupaten dan Kota, serta pimpinan perusahan dan UMKM itu dalam upaya memberikan fasilitasi akses pasar lokal terhadap UMKM Bangka Belitung.

Dalam sambutanya, Pj. Gubernur Babel mengatakan, Festival yang akan berlangsung selama empat hari, di mulai dari tanggal 1 Agustus 2024 sampai dengan 4 Agustus 2024, dalam upaya mewujudkan perhatian pemerintah terhadap perkembangan UMKM di Babel, melaui kemasana dan brending.
“hari ini UMKM di promosikan dan mengajak untuk di promosikan dan diperkenalkan kepada masyarakat melaui pekejing dan brending agar pembeli tertarik. Pekejing dan branding di perkenakan ke UMKM agar naik kelas. Sehinga mutu naik, harga naik,” katanya.
Oleh sebab itu dirinya berharap, kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku UMKM dengan meningkatkan pekejing dan bredingnya, sehingga masyarakat atau konsumen yang mencintai makanan dan minuman hasil olahan UMKM lebih tertarik untuk membelinya, serta menjadi ajang promosi bagi UPTD. RPK dalam melakukan cetak kemasan produk UMKM.
“UMKM kita pekejing ada yang sudah maju, maka kita minta tingkatan kualitasnya dan desainnya sehingga minat beli semakin tinggi, dan yang masih tradisional, ditingkatkan untuk naik kelas dengan pekejing, jika lerlu pekejing berwarna emas sehingga terkesan lebih meawah sehingga menjadi daya tarik untuk dibeli, ” Imbuhnya.

Sementara itu, di tempat terpisah, Ketua Pelaksana Kegiatan ERPEK Festival UMKM 2024, yang sekaligus Kepala UPTD. Rumah Promosi dan Kemasan (RPK), Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bangka Belitung Alfatah Suriaan menjelaskan, bahwa maksud kegiatan ERPEK Festival 2024 adalah dama upaya melaksanakan tugas dan fungsi dari UPTD RPK, memberikan layanan pemasaran produk dalam rangka meraih peluang pasar, guna meningkatkan jangkauan tertutama akses pasar lokal.

Selain itu, untuk mperkenalkan keberadaan uptd rumah promosi dan kemasan sehingga dapat menciptakan unit pelayanan yang dekat, ramah dan dapat diandalkan oleh masyarakat, khususnya pelaku ikm dan umkm yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan erpeka festival 2024 ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari dari tanggal 01-04 Agustus 2024 Di Wilhelmina Park (Taman Sari) – Pangkalpinang, tidak lain memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas produk umkm yang berdampak pada peningkatan ekonomi rakyat.

“Kegiatan ERPEK Festival ini telah disponsori oleh 19 seponsor dari berbagai kalangan, misalnya PLN Babel, Viz Water dan lain-lain” Katanya.

Pembukaan ERPEK Festival UMKM 2024 di sudahi dengan melakukan foto bersama dan peninjauan langsung ke beberapa stand UMKM, yang sedang melakukan penjualan hasil olahanya kepada pengunjung ERPEK Festival. (Humas Disperindag).

TerabasNews

Recent Posts

Hari Listrik Nasional ke-79, Dirut PLN Tegaskan Komitmen sebagai Fondasi Pembangunan Nasional

TerabasNews, Jakarta, 28 Oktober 2024 - Tepat 27 Oktober diperingati sebagai Hari Listrik Nasional (HLN)…

5 hours ago

BPS Gelar FKP Standar Pelayanan Publik, Pemkot Pangkalpinang Siap Dukung dan Bersinergi

TerabasNews, Pangkalpinang - Penjabat (Pj) Walikota Pangkalpinang Budi Utama mendukung penuh dan siap bersinergi dengan…

6 hours ago

Budi Utama Bersama KPU Pangkalpinang Susun Strategi Genjot Target Partisipasi Pemilih 83 Persen

TerabasNews, Pangkalpinang - Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang, Budi Utama melakukan audiensi bersama Komisi Pemilihan…

6 hours ago

Jaga Kebersihan Lingkungan, PT Timah Serahkan Puluhan Tong Sampah untuk Warga Teluk Rubiah

TerabasNews, Bangka Barat - PT Timah terus mendukung program pengelolaan lingkungan, salah satunya dengan mendukung…

6 hours ago

Peringati Hari Sumpah Pemuda 2024, PT Timah Gelar Upacara Hingga Fasilitasi Pemkot Pangkalpinang Laksanakan Upacara di Griya Timah

TerabasNews, Pangkalpinang - Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-96, PT Timah menggelar upacara di Lapangan Upacara…

6 hours ago

Griya Timah PT Timah Jadi Saksi Gerakan Pemuda Pulau Bangka, Jadi Lokasi Upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke-96

TerabasNews, Pangkalpinang - Gedung Griya Timah salah satu bangunan di kantor Pusat PT Timah Tbk…

10 hours ago