Categories: Bangka Tengah

Pemprov Babel Dorong Pemkab dan Pemdes Meningkatkan Sektor Pertanian

TerabasNews, BANGKA TENGAH – Perintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendorong Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa, agar terus meningkatkan ekonomi masyarakat dari sektor pertanian.

Demikian hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA, saat menghadiri pesta adat Murok Jerami di Pesawahan Desa Namang, Senin (29/4/24)

“Hampir 40 persen penduduk Bangka Belitung masih menggantung diri di sektor pertambangan, namun saat ini sektor pertambangan kita lagi dalam penataan, untuk itu, mari kita momen ini kita gunakan untuk memajukan kembali sektor agraris,” ujarnya.

Lanjut Safrizal, Kepulauan Bangka Belitung puluhan tahun yang lalu dikenal terkenal akan hasil pertanian, namun karena perkembangan sektor pertambangan, pertanian menjadi menurun.

“Beberapa puluh tahun lalu kita terkenal dengan hasil produksi pertanian, mulai dari lada dan sebagainya, untuk itu kita harus kembali meningkatkan itu, karena saat ini kemampuan produksi padi kita hanya 26 persen, dari 100 persen konsumsinya,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan Safrizal, dia menyebutkan Kabupaten Bangka Tengah penyangga tani, walaupun produksi padinya belum sepenuhnya mencukupi, namun dari sektor holtikultura lainnya cabai dan bawang merah menjadi sentranya.

“Kita patut mengapresiasi produksi holtikultura di Bangka Tengah yang saat ini semakin meningkat, karena ini lah masa depan kita,” ucapnya.

Masih kata Safrizal, ia meminta Pemerintah Desa agar menyisihkan sebagian dana desanya untuk kemajuan pertanian, karena kita tidak bisa terus bergantung dari luar.

“Setiap Desa harus menyisihkan dana Desanya untuk peningkatan pertanian, kemampuan produksi cabai kita mencapai 60 persen dan padi 26 persen, tapi kita mampu memproduksi 100 persen apabila semua desa melakukan hal yang sama, untuk memajukan holtikultura ini,” terangnya

Lebih lanjut dikatakan Safrizal, dia menyakini semua Desa di Bangka Belitung bisa meningkatkan produktivitas pertaniannya.

“Desa berproduksi dan kota mengkonsumsi, untuk itu jangan terpengaruh oleh hasil bawah tanah, percayakan lah green ekonomi dari sesuatu yang ada di atas tanah, seperti desa Namang yang percaya dengan hasil diatas tanah, sehingga pertaniannya tumbuh dan berkembang, untuk itu mari kita menjaga lingkungan kita sehingga bisa di manfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan ekonomi kerakyatan terus meningkat,” pungkasnya.

TerabasNews

Recent Posts

Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-116, PLN Babel Gaungkan Semangat Bangkit Untuk Indonesia Emas

TerabasNews, Pangkalpinang, (20/05) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Bangka Belitung turut serta…

8 hours ago

Disperindagkop Tera Ulang Timbangan di Puskesmas

TerabasNews, BANGKA TENGAH - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Bangka…

8 hours ago

Pemkab Bateng Gelar Upacara Hari Kebangkitan Nasional, Ini Pesan Sekda

TerabasNews, BANGKA TENGAH - Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah menggelar upacara Hari Kebangkitan Nasional, dan…

8 hours ago

Tim Gabungan Polres Babar Berhasil Ungkap Kasus Pembunuhan Di Jebus, Pelaku Ternyata Suami Korban

TerabasNews - Kasus pembunuhan yang terjadi di Desa Sinar Manik Kecamatan Jebus Kabupaten Bangka Barat…

8 hours ago

Pj Gubernur Babel Safrizal ZA bersama Pj Ketua PKK Babel Safriati Safrizal Melaunching Rampak Gemintang Bangka Belitung

TerabasNews, TEMPILANG - Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA bersama Pj…

12 hours ago

Danrem 045/Gaya Ikut Serta Launching Program Rampak Gemintang di SDN 17 Tempilang

TerabasNews,Tempilang - Danrem 045/Gaya Brigjen TNI Safta Feryansyah, S.E., S.I.P.,M.Han. beserta Ibu dan Forkopimda Babel…

12 hours ago